Berdasarkan koordinasi dengan BPBD Kota Tual maupun Malra ternyata tidak ada kerusakan dan korban akibat gempa tersebut,"
Ambon (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 5,17 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Sabtu dinihari, sekitar pukul 00.14 WIT.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Kifly Wakanno, dikonfirmasi, Sabtu pagi, mengatakan, gempa episentrisnya di 2.78 Lintang Selatan dan 130.26 Bujur Timur.

Gempa pada 122 KM Barat Daya Kota Tual dengan kedalaman 10 KM di bawah laut itu juga tidak berpotensi gelombang pasang (tsunami).

"Berdasarkan koordinasi dengan BPBD Kota Tual maupun Malra ternyata tidak ada kerusakan dan korban akibat gempa tersebut," ujar Kifly.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013