Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin, Rabu (1/5), masih menarik dibaca hari ini, di antaranya Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah yang mengajak seluruh pekerja untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di momen Hari Buruh Sedunia, hingga gempa berkekuatan magnitudo 4,2 di Kabupaten Bandung yang berasal dari aktivitas sesar Garut Selatan.

Berikut rangkuman berita:

Hari Buruh, Menaker ajak semua pihak ikut tingkatkan kompetensi SDM

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan peningkatan kompetensi menjadi salah satu cara menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan dan karena itu menjadikannya tema utama perayaan Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2024.

DPR: Perlindungan ketenagakerjaan harus diberikan pada semua pekerja

Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto menyampaikan perlindungan ketenagakerjaan yang meliputi jaminan sosial, seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kesehatan, hingga jaminan hari tua, harus diberikan kepada seluruh pekerja di Tanah Air.

Tenaga kerja asing di Kepri wajib bayar retribusi 100 dolar per bulan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan tiap tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di daerah itu wajib membayar dana retribusi rencana penggunaan TKA (RPTKA) sebesar 100 dolar AS per bulan.

BNPB: Getaran gempa di Kabupaten Bandung merusak masjid dan puskesmas

Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan rentetan guncangan gempa tektonik yang berkekuatan 4-4,2 magnitudo telah merusak sejumlah bangunan masjid, puskesmas, gedung sekolah, dan rumah warga di Kabupaten Bandung Jawa Barat.

BMKG: Getaran gempa di Bandung timbul akibat aktivitas sesar Garut

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa getaran gempa berkekuatan magnitudo 4,2 yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu pagi, berasal dari aktivitas sesar aktivitas sesar Garut Selatan.

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024