Jakarta (ANTARA) - Grup band rock legendaris Tanah Air God Bless resmi meluncurkan album terbarunya “Anthology” dengan aransemen orkestra memperingati hari ulang tahunnya (HUT) yang ke-50.

Para personil God Bless yang terdiri dari Achmad Albar (vokal), lan Antono (gitar), Donny Fatah (bass), Abadi Soesman (keyboard), dan Fajar Satritama (drum), mengatakan album itu dikemas istimewa dengan sentuhan aransemen orkestra yang dikomandoi Tohpati.

“Kami mensyukuri di umur kepala tujuh ini kita masih bisa berkarya, tampil merayakan 50 tahun, dan mudah-mudahan ini menjadi semangat buat kita dan menjadi masukan buat yang muda-muda bahwa semua bisa asal kita mau,” ujar vokalis God Bless Ahmad Albar di Bentara Budaya Jakarta, Rabu.

Fajar mengapresiasi keterlibatan Tohpati untuk album "Anthology" God Bless, sentuhan orkestra membuat lagu-lagu mereka terdengar megah.

“Syukurnya dengan adanya balutan orkestra dari Mas Tohpati ini menambah rekaman lagu-lagu ini menjadi lebih megah, semoga mendapat apresiasi yang baik ke depan,” kata Fajar.

Baca juga: Bimbo hingga God Bless bakal meriahkan Synchronize Fest 2023

Sentuhan orkestra pada album itu turut mewarnai dan memperkuat daya magis lagu-lagu hits God Bless sejak era 70-an.

Dikomandoi Tohpati, seluruh lagu telah diaransemen ulang dan direkam bersama iringan orkestra dari Republik Ceko pemenang Grammy Awards, Czech Symphony Orchestra.

“Kalau lagu God Bless itu kan sudah pakem ya, sepertinya agak seram juga kalau diubah banyak, misal beat atau bagannya, itu seperti dosa kalau saya banyak ubah-ubah, orkestra itu untuk membuat megah saja sehingga lebih menggelegar dan lebih sangar lagi,” kata Tohpati, yang turut hadir di acara peluncuran.

Album "Anthology" berisi total 12 tembang lawas terbaik, satu di antaranya merupakan komposisi instrumental medley yang dipilih dari enam album selama setengah abad karir grup band rock itu di dunia musik.

Selain dalam format digital, "Anthology" akan pula dirilis dalam bentuk fisik, mulai dari vinyl, compact disc (CD), hingga kaset.

Selebrasi usia emas 50 tahun God Bless tidak akan berhenti pada peluncuran album baru, sejumlah agenda sudah menanti dalam waktu dekat.

God Bless berencana akan menggelar tur konser di tujuh kota mulai dari September hingga November 2023, diantaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, dan satu kota di Kalimantan.

Sebagai rekam jejak sejarah grup band legendaris itu, God Bless juga akan menerbitkan buku yang mengisahkan perjalanan band yang lahir pada 5 Mei 1973 ini. Akan diikuti pula pembuatan film biopik God Bless yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Baca juga: God Bless sambut setengah abad dengan konser, album dan dokumenter

Baca juga: DEWA 19-Ari Lasso akan kembali hadirkan album "Bintang Lima"

Baca juga: Kelebihan menyaksikan konser virtual menurut Ahmad Albar


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023