Ini kunjungan perdana saya sebagai Putri Indonesia ke Kota Pekanbaru dalam melaksanakan misi sosial.
Pekanbaru (ANTARA News) - Putri Indonesia 2013 Whulandary Herman asal Sumatera Barat melakukan kunjungan perdana ke Kota Pekanbaru dalam misi sosialnya menyaksikan operasi katarak gratis bagi 50 keluarga miskin di daerah itu.

"Ini kunjungan perdana saya sebagai Putri Indonesia ke Kota Pekanbaru dalam melaksanakan misi sosial," katanya di Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Centre (PBEC), Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Sabtu.

Kunjungan bakti sosial Putri Indonesia 2013 tersebut merupakan rangkaian dari peresmian pembukaan Rumah Sakit Mata PBEC oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus M.T. juga disaksikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Riau H.R. Mambat Mit.

Setelah terpilih menjadi Putri Indonesia 2013, kata Whulandary, dihadapkan pada tugas-tugas dalam banyak bidang dan kompetensi.

"Selain misi sosial, juga misi budaya, pariwisata, olahraga, dan kesenian. Misi ini bagian dari komitmen yanga harus dikerjakan sebagai amanat dan membawa nama Indonesia," katanya.

Selain mengunjungi pasien PBEC, Putri Indonesia 2013 juga telah mengunjungi sejumlah penderita penyakit HIV/AIDS (ODHA). Terhadap ODHA, kata dia, masyarakat perlu memberikan kepercayaan diri kepada mereka untuk bisa hidup baik kembali di tengah-tengah masyarakat.

"Tidak usah kucilkan mereka karena ODHA juga memiliki hak untuk hidup sebagaimana masyarakat lainnya khususnya dalam menyalurkan perasaannya," katanya.

Ia memandang perlu ada upaya preventif untuk menghindari generasi muda tidak terjangkit penyakit yang mematikan itu. Orang tua, tambahnya lagi, memiliki peran dan harus berani mengajarkan mereka tentang seks secara dini akan sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi jika dilakukan dalam usia muda.

(F011)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013