membantu meningkatkan minat baca anak-anak agar generasi Indonesia jadi lebih cerdas
Lewoleba (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur melakukan edukasi kebiasaan membaca sejak dini pada anak-anak dengan menghadirkan Taman Baca bernama Do Ta Hebat dari Bhayangkari Ranting Lembor.

"Kami berharap kehadiran taman baca dapat membantu program pemerintah dalam hal literasi membaca sehingga anak-anak dapat menggunakan taman baca sebagai tempat belajar," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu.

Taman Baca Do Ta Hebat yang berlokasi di Mapolsek Lembor, Kecamatan Lembor itu dibangun dengan tujuan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap membaca sejak usia dini.

"Dengan demikian anak-anak bisa memiliki kebiasaan belajar mandiri yang berdampak pada percepatan proses penguasaan teknik membaca dan kecakapan berbahasa," katanya.

Baca juga: TB Pelangi resmikan perpustakaan ke-100 di NTT
Baca juga: AP I-Dinas Perpustakaan NTT hadirkan pojok baca digital di bandara


Ari menjelaskan kehadiran taman baca itu juga didorong oleh riset yang menyatakan bahwa minat baca di Indonesia masih rendah. Dari data UNESCO, katanya, hanya ada satu orang dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

Berangkat dari keprihatinan atas literasi membaca yang masih kurang, pihak kepolisian mendukung program pemerintah dengan menghadirkan Taman Baca Do Ta Hebat.

Ari berharap kehadiran taman baca tersebut dapat menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

"Kita akan lakukan usaha sekecil apa pun untuk membantu meningkatkan minat baca anak-anak agar generasi Indonesia jadi lebih cerdas," katanya optimis.

Baca juga: Kemensos akan bangun perpustakaan bagi anak-anak korban bencana di NTT
Baca juga: Angkut ribuan buku, Satgas RI-Timor Leste buka perpustakaan keliling


Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, Ny Iing Ari Satmoko mengatakan taman baca tersebut terbuka untuk umum, tidak terbatas pada anak-anak saja.

Sekiranya ada 150 jenis buku yang tersedia dan bisa dibaca baik oleh anak-anak hingga orang tua.

Dia pun berkomitmen untuk menambah lebih banyak lagi buku bacaan di tempat itu.

"Orang tua yang mendampingi juga bisa membaca. Kita berharap kehadiran taman baca bisa menambah wawasan anak-anak dan masyarakat luas," ungkapnya.

Taman Baca tersebut telah diresmikan oleh Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko dan Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, Ny Iing Ari Satmoko di Lembor, Selasa (20/6).

Baca juga: Pelangi impian bangsa bangun 128 perpustakaan sekolah di NTT
Baca juga: Disparekraf NTT hadirkan perpustakaan pariwisata digital

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023