Optimisme konsumen tersebut tercatat lebih tinggi jika dibandingkan pada bulan April 2023 dengan 124,3
Bandarlampung (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Lampung menyebutkan keyakinan masyarakat daerah ini terhadap kinerja ekonomi Lampung secara keseluruhan pada Mei 2023 tetap kuat.

Hal ini terkonfirmasi dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Provinsi Lampung (BI Lampung) yang menunjukkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) masih berada pada level optimistis di atas 100 yakni sebesar 151,67.

"Optimisme konsumen tersebut tercatat lebih tinggi jika dibandingkan pada bulan April 2023 dengan 124,3. IKK Mei 2023 di Lampung yang tetap positif, sejalan dengan IKK Nasional pada Mei 2023 yang sebesar 128,3, atau tetap berada pada level optimis," kata Kepala BI Perwakilan Lampung, Budiyono, dalam keterangan resmi di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan IKK Lampung Mei 2023 yang kuat ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis.

IKE yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini tetap berada pada level optimis. Hal ini tercermin dari IKE sebesar 141,17, meningkat dibandingkan bulan April 2023 sebesar 119,33. Terjaganya IKE didukung oleh optimisme konsumen terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja saat ini, dan tingkat konsumsi barang tahan lama (durable goods).

Budi menjelaskan 0ada Mei 2023, 53,5 persen responden memiliki persepsi bahwa ketersediaan lapangan kerja saat ini meningkat jika dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu. Sejalan dengan hal tersebut, sebanyak 57,5 persen responden memiliki persepsi bahwa penghasilan saat ini meningkat jika dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu.

Adapun, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods juga tercatat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 41,5 persen responden menyatakan konsumsi durable goods yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode April 2023, sementara 49,5 persen responden lainnya menyatakan relatif stabil.

"Konsumsi durable goods yang meningkat terutama pada belanja mebel dan perabotan rumah tangga, sementara 21,0 persen responden lainnya memilih belanja elektronik," jelasnya.

Sementara itu, IEK yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian 6 bulan ke depan (November 2023) juga tetap berada pada level optimis. IEK pada Mei 2023 tercatat sebesar 162,17 lebih tinggi jika dibandingkan dengan 129,33 pada periode sebelumnya.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap optimis terutama ditopang oleh stabilnya perkiraan kondisi kegiatan usaha secara umum 6 bulan ke depan.

Sebanyak 59,5 persen responden memperkirakan kondisi kegiatan usaha secara umum sedikit membaik 6 bulan yang akan datang dibandingkan saat ini, sementara 20,0 persen responden lainnya memprakirakan sama dengan kondisi saat ini.

Lalu sebanyak 47,5 persen responden menyatakan ketersediaan lapangan kerja yang lebih tinggi pada 6 bulan mendatang karena kondisi ekonomi yang membaik, sementara 34,4 persen responden menyatakan kegiatan/proyek pemerintah/swasta meningkat.

Di sisi lain indeks ekspektasi terhadap penghasilan pada 6 bulan yang akan datang tercatat sebesar 160,5 lebih tinggi jika dibandingkan dengan 142,00 pada bulan sebelumnya, sejalan dengan perkiraan kondisi kegiatan usaha secara umum pada 6 bulan yang akan datang.

Baca juga: Pemprov Lampung catat nilai investasi industri makanan Rp1,6 triliun
Baca juga: Pemprov Lampung tingkatkan perlindungan konsumen jaga ekonomi stabil

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023