Apresiasi kami sampaikan kepada PT ASDP Indonesia Ferry atas dukungannya
Bandarlampung (ANTARA) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lampung memperluas layanan kas keliling atau penukaran uang di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Portlink dalam pelayaran dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

"Layanan penukaran uang dilakukan hari ini di KMP Portlink dan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung, Junanto Herdiawan dalam keterangannya di Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, mobilisasi masyarakat dari Sumatera ke Pulau Jawa atau sebaliknya didominasi moda transportasi kapal feri terutama pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Karena itu, pihaknya menyediakan layanan kas keliling Bank Indonesia untuk masyarakat yang tengah menikmati jasa penyeberangan Bakauheni – Merak dan Merak – Bakauheni.

"Apresiasi kami sampaikan kepada PT ASDP Indonesia Ferry atas dukungannya," kata Junanto.

Selain layanan kas keliling, Bank Indonesia Lampung juga melakukan sosialisasi cinta, bangga dan paham (CBP) rupiah dan transaksi nontunai QRIS kepada penumpang penyeberangan KMP Portlink.

Baca juga: BI Lampung terus jaga stabilitas harga pangan jelang Lebaran

Baca juga: Junanto Herdiawan dikukuhkan menjadi Kepala BI Lampung


Kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan dapat menambah pemahaman masyarakat terkait rupiah yang harus dikenali, dirawat dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS.

“Kami harus lakukan upaya maksimal dalam mengantisipasi penyebaran uang palsu. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat bisa lebih mengenali, memahami dan merawat uang rupiah agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Selain itu, transaksi nontunai dengan QRIS akan mempermudah silaturahmi dan aktivitas belanja dan infrastruktur sudah sangat mendukung," ujar Junanto Herdiawan.

Pada Serambi 2024, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan uang rupiah layak edar sebanyak Rp4,3 triliun untuk masyarakat Provinsi Lampung selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Masyarakat Lampung dapat menukarkan uang di loket penukaran uang di perbankan yang ada Provinsi Lampung. Selain itu, Bank Indonesia Lampung juga menyediakan layanan
penukaran kas keliling di 8 (delapan) titik pusat keramaian seperti pasar tradisional dan rest area, termasuk kapal penyeberangan.

Pengguna jasa penyeberangan eksekutif KMP Portlink sangat antusias menukarkan uang di layanan kas keliling Bank Indonesia dan menyimak kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan.

Lebih dari 100 (seratus) penumpang yang menukarkan uangnya pada layanan kas keliling di kapal penyeberangan ini, mayoritas di antaranya telah mendaftarkan diri pada laman
www.pintar.go.id.

Baca juga: BI Lampung siapkan Rp4,3 triliun guna hadapi Ramadhan dan Idul Fitri

Baca juga: BI apresiasi Polda Lampung ungkap peredaran uang palsu

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024