Hal itu terindikasikan dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Provinsi Lampung yang menunjukkan bahwa indeks keyakinan konsumen (IKK) berada pada level optimis lebih dari 100 sebesar 131,75
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung mengatakan optimisme konsumen terhadap perekonomian Lampung secara keseluruhan pada Desember 2023 tetap kuat.

"Hal itu terindikasikan dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Provinsi Lampung yang menunjukkan bahwa indeks keyakinan konsumen (IKK) berada pada level optimis lebih dari 100 sebesar 131,75," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Lampung Junanto Hendriawan dalam keterangannya di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan optimisme konsumen tersebut tercatat lebih rendah jika dibandingkan dengan 141,00 pada bulan November 2023.

IKK Provinsi Lampung, lanjutnya tetap positif, sejalan dengan IKK nasional pada Desember 2023 yang sebesar 123,8, atau tetap berada pada level optimistis.

Menurutnya, indeks kondisi ekonomi (IKE) yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini tetap berada pada level optimistis. Hal ini tercermin dari IKE sebesar 119,67, meski lebih rendah jika dibandingkan dengan 131,33 pada bulan November 2023.

Junanto menilai kuatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini didukung oleh optimisme konsumen terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja saat ini, dan tingkat konsumsi barang tahan lama (durable goods).

Pada Desember 2023, sebanyak 35 persen responden memiliki persepsi bahwa penghasilan saat ini meningkat jika dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu. Sejalan dengan hal tersebut, sebanyak 39,5 persen responden memiliki persepsi bahwa ketersediaan lapangan kerja saat ini meningkat jika dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu.

"Adapun, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods tercatat tumbuh melambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Tercatat 40 persen responden menyatakan konsumsi durable goods yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode November 2023," katanya.

Sementara sebanyak 46 persen responden lainnya menyatakan relatif stabil. Konsumsi durable goods yang meningkat terutama pada belanja elektronik, sementara 40 persen responden lainnya memilih belanja furnitur dan perabotan rumah tangga.

Sementara itu, indeks ekspektasi konsumen (IEK) yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian 6 bulan ke depan (Juni 2024) juga tetap berada pada level optimis. IEK pada Desember 2023 tercatat sebesar 143,83 lebih rendah jika dibandingkan dengan 150,67 pada periode sebelumnya.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap optimis terutama ditopang oleh stabilnya perkiraan penghasilan 6 bulan yang akan datang. Sebanyak 56,5 persen responden memprakirakan penghasilan 6 bulan mendatang meningkat, sementara 38 persen responden lainnya memprakirakan stabil.

Baca juga: BI Lampung: Digitalisasi ditingkatkan tumbuhkan ekonomi daerah 2024
Baca juga: BI Lampung optimis perekonomian 2024 di masa pemilu tetap positif

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024