Saya harap Festival Danau Ranau  ini dapat diselenggarakan secara berkesinambungan. Juga sebagai salah satu cara meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi hiburan tersendiri
OKU Selatan, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan kembali menggelar Festival Danau Ranau ke-23 tahun 2023 di kawasan destinasi wisata unggulan daerah itu setelah tiga tahun terhenti karena pandemi COVID-19.

"Kami mengapresiasi terselenggaranya kembali Festival Danau Ranau tahun 2023 ini dengan ragam adat dan budaya yang ditampilkannya," kata Gubernur Sumsel H Herman Deru di sela-sela menghadiri festival itu di Danau Ranau OKU Selatan, Rabu.

Kegiatan festival tersebut, kata dia menjadi salah satu cara mempertahankan warisan dan budaya yang ditinggal para leluhur terdahulu dan mencegah dampak negatif budaya asing yang masuk.

"Saya harap Festival Danau Ranau  ini dapat diselenggarakan secara berkesinambungan. Juga sebagai salah satu cara meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi hiburan tersendiri," katanya.

Gubernur meminta Pemkab OKU Selatan bersama unsur lainnya dapat berkolaborasi menjaga kelestarian adat dan budaya yang dimiliki, juga agar didaftarkan ke HKI sebagai cara pencegahan agar tidak dicaplok oleh pihak lain.

"Tugas kita adalah memelihara adat budaya yang telah ada, dengan diselenggarakannya festival ini, kita telah menunjukkan bahwa keaslian adat budaya kita lebih menarik , untuk itu promosi daerah harus terus ditingkatkan salah satunya dengan mengadakan festival," kata gubernur yang juga menyerahkan bantuan bersifat khusus APBD Tahun 2023 kepada Pemkab OKU Selatan senilai Rp74 miliar.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut serta dalam mensukseskan pergelaran Festival Danau Ranau 2023 itu.

"Saya ucapkan terimakasih terkhusus kepada Gubernur Sumsel yang telah memberikan dukungan dan bantuannya selama ini, sehingga Kabupaten OKU Selatan dapat berkembang dari segi objek wisata dan pembangunan infrastruktur," katanya.

Baca juga: 1.525 peserta ikuti ajang balap sepeda Ranau Gran Fondo

Baca juga: Kadar oksigen di Danau Ranau normal lagi, kematian ikan mereda

Baca juga: BBWSS VIII jadikan Danau Ranau ikon peringatan Hari Air Dunia ke-30

Baca juga: Ikan mati di Danau Ranau Lampung Barat capai 250 ton

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023