Tampaknya Powell gagal mengalahkan pasar yang bersiap untuk ratifikasi yang lebih eksplisit dari proyeksi median dalam ringkasan dot plot proyeksi ekonomi terbaru
New York (ANTARA) - Dolar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah komentar Ketua Federal Reserve Jerome Powell tentang perjuangan bank sentral yang sedang berlangsung untuk menurunkan inflasi gagal memenuhi ekspektasi pasar yang lebih hawkish.

Powell mengatakan kepada anggota parlemen bahwa perjuangan melawan inflasi "masih jauh" dan bahwa meskipun ada jeda baru-baru ini dalam kenaikan suku bunga, para pejabat setuju biaya pinjaman kemungkinan akan perlu bergerak lebih tinggi.

Sambil mencatat bahwa inflasi masih sangat jauh dari target Fed, Powell mengatakan mungkin masuk akal untuk tetap menaikkan suku bunga, dengan kecepatan yang lebih moderat.

"Tampaknya Powell gagal mengalahkan pasar yang bersiap untuk ratifikasi yang lebih eksplisit dari proyeksi median dalam ringkasan dot plot proyeksi ekonomi terbaru," kata Karl Schamotta, kepala strategi pasar di perusahaan pembayaran bisnis Corpay, dikutip dari Reuters.

The Fed telah mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan Juni, tetapi mengisyaratkan dalam proyeksi baru bahwa biaya pinjaman mungkin masih perlu naik sebanyak setengah persentase poin hingga akhir tahun ini.

"Dengan berpegang pada bahasa yang seimbang dan bergantung pada data yang digunakan dalam konferensi pers minggu lalu, dia membuat investor bertaruh bahwa perlambatan pertumbuhan dan inflasi yang sedang berlangsung akan diterjemahkan menjadi satu - bukan dua - kenaikan suku bunga pada akhir tahun," kata Schamotta.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang terhadap enam saingannya, turun 0,43 persen menjadi 102,07 menyusul kesaksian Powell kepada Komite Urusan Keuangan DPR.

Sidang, yang pertama dari dua penampilan Capitol Hill minggu ini, adalah bagian dari laporan dua kali setahun kepada anggota parlemen federal.

"Indeks Harga Konsumen dan Penggajian Non-Pertanian pada Juli akan menjadi peristiwa besar, meskipun rasanya kecuali ada semacam pekerjaan yang menghancurkan, mereka akan naik pada Juli apa pun yang terjadi," kata ahli strategi pasar TraderX, Michael Brown.

Investor secara luas memperkirakan kenaikan suku bunga akan dilanjutkan pada pertemuan Juli, meskipun indikator pasar keuangan mencerminkan keraguan bahwa Fed akan memberikan lebih banyak kenaikan di luar itu.

Euro menguat 0,62 persen menjadi 1,0985 dolar. Dolar naik 0,3 persen pada 141,805 yen, dengan mata uang Jepang di bawah tekanan setelah Gubernur Bank Sentral Jepang Kazuo Ueda pada Rabu (21/6/2023) menegaskan kembali sikap dovish bank sentral untuk mempertahankan kebijakan moneternya yang sangat longgar.

Pound Inggris terombang-ambing antara keuntungan dan kerugian setelah data menunjukkan inflasi Inggris melaju lebih cepat dari yang diharapkan pada Mei.

Laju tahunan kenaikan harga konsumen Inggris stabil di 8,7 persen pada Mei, bertentangan dengan harapan yang telah mendingin sejak April, dengan tingkat inflasi Inggris tetap bertahan dibandingkan dengan ekonomi utama lainnya.

Pound terakhir naik 0,09 persen pada 1,2774 dolar, setelah tergelincir ke level terendah satu minggu di 1,2691 dolar di awal sesi.

Dolar Australia naik 0,15 persen pada 0,67975 dolar AS, dengan kecepatan untuk menghentikan penurunan beruntun tiga hari. Aussie telah melemah minggu ini setelah rilis risalah pertemuan kebijakan Juni Bank Sentral Australia pada Selasa (20/6/2023) tidak memiliki panduan untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut. Pasar menganggap ini sebagai tanda dovish.

Aussie, yang sensitif terhadap data ekonomi China, juga mendapat tekanan karena langkah-langkah stimulus yang lemah dari Beijing.

Baca juga: Dolar menguat jelang kesaksian Powell, pound naik karena inflasi panas
Baca juga: Dolar menguat di awal Asia, temukan pijakan pada data perumahan AS
Baca juga: Dolar AS stabil jelang kesaksian Ketua Fed di Kongres

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023