Jakarta (ANTARA) - Sutradara Peter Sohn mengungkapkan bahwa karakter Ember dalam film animasi "Elemental: Forces of Nature" menampilkan pengalaman yang dekat atau relevan dengan kehidupan orang-orang di dunia nyata.

Menurut Sohn, Ember merasa harus menjadi anak yang "sempurna" mengingat perjuangan orang tuanya yang besar. Ketika memiliki keinginan untuk belajar lebih dalam di bidang seni, Ember menahan diri karena takut mengecewakan orang tuanya.

"Menurut saya hal ini sangat dekat dengan banyak orang di luar sana yang memiliki perjuangan yang sama," kata Sohn dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Elemental" mengikuti kisah Ember, seorang wanita Fire yang tangguh, cerdas, dan berapi-berapi. Orang tua Ember merupakan imigran yang berpindah dari tempat asal mereka, dari Fireland ke Element City.

Mengingat hal itu, Ember sangat memahami perjuangan orang tuanya. Ember ingin membuktikan bahwa dirinya mampu meneruskan usaha keluarga, Fireplace, ketika ayahnya pensiun.

Baca juga: Indahnya perbedaan dalam film animasi "Elemental: Forces of Nature"

Akan tetapi, semuanya berubah ketika Ember menjalin persahabatan dengan Wade. Laki-laki Water yang menyenangkan, sentimental, dan bertipe go-with-the-flow ini mulai menginspirasi Ember untuk mengenal dirinya sendiri lebih dalam dan bakat kreatifnya yang tersembunyi.

Kisah keluarga Ember terinspirasi dari kisah hidup Sohn. Sutradara sekaligus animator ini lahir dari orang tua yang bermigrasi dari Korea dan dibesarkan di kota New York, Amerika Serikat.

Tumbuh dengan budaya dan tradisi Korea di Amerika, ini membuat munculnya benturan budaya antara generasi pertama dan generasi kedua. Hal inilah yang menjadi inspirasi Sohn dalam menciptakan karakter Ember dan dinamika kehidupannya bersama keluarga.

Di samping kehidupan keluarga imigran, "Elemental" juga menyoroti hubungan dengan latar belakang yang berbeda antara Ember dan Wade. Mulanya orang tua Ember tidak setuju atas hubungan mereka dengan alasan prinsip elemen berbeda tidak akan dapat bersatu. Meski begitu, perbedaan ini justru menghasilkan sebuah hubungan yang unik.

Baca juga: Sutradara akui "Elemental" terinspirasi dari pengalaman personalnya

Menurut Sohn, hubungan antara Ember dan Wade merupakan sebuah hubungan yang tidak terduga serta banyak terjadi hal-hal lucu dan canggung. Sohn merasa cerita ini sangat personal baginya bercermin dari hubungannya dengan sang istri.

Sohn menikah dengan seorang perempuan Amerika-Italia. Dia mengaku sempat menyembunyikan hubungan tersebut dari orang tuanya karena mereka ingin Sohn menikah dengan orang Korea.

"Namun lambat laun, mereka menemukan bahwa mereka memiliki banyak kesamaan dengan keluarga menantu mereka," ujar dia.

"Elemental" menghadirkan Leah Lewis dan Mamoudou Athie sebagai pengisi suara karakter utama yaitu Ember dan Wade. Film animasi produksi Disney dan Pixar ini sudah tayang di bioskop Indonesia mulai 21 Juni 2023.

Baca juga: Disney rilis pratinjau 20 menit film "Elemental" di CinemaCon

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023