Jakarta (ANTARA) - "The Flash", film superhero yang dibintangi Ezra Miller, debut box office pada periode Jumat (16/6) hingga Minggu (18/6) dengan mengantongi 55 juta dolar AS (sekitar Rp824 miliar) di Amerika Utara.

Meski berada di peringkat pertama box office mingguan, debut "The Flash" dinilai mengecewakan oleh para analis yang sebelumnya berekspektasi akan debut di angka 70 juta dolar AS (Rp1 triliun).

"Ini adalah pembukaan tiga hari yang lemah untuk (film) superhero," kata David A. Gross dari Franchise Entertainment Research, dikutip dari Variety yang disiarkan Minggu (18/6) waktu setempat.

Debut "The Flash" juga dinilai mengecewakan di box office luar Amerika Utara dengan mengumpulkan 75 juta dolar AS (sekitar Rp1,12 triliun) dari 78 pasar. Jika digabungkan, maka pendapatan kotor film tersebut secara global untuk saat ini sebesar 139 juta dolar AS (sekitar Rp2 triliun).

Baca juga: "The Little Mermaid" rajai box office Amerika Utara selama akhir pekan

"The Flash" diperkirakan bernasib serupa dengan "Black Adam" pada tahun lalu yang menelan biaya produksi 200 juta dolar AS (Rp2,9 triliun) namun debut hanya 67 juta dolar AS (sekitar Rp1 triliun) dan gagal mencapai target 400 juta dolar AS (sekitar Rp5,9 triliun) secara global.

Selain "The Flash", film animasi "Elemental" juga debut box office dengan menduduki peringkat kedua di Amerika Utara. Debut film ini juga dinilai lemah dengan mengumpulkan 29,5 juta dolar AS (sekitar Rp441,9 miliar) di Amerika Utara dan 15 juta dolar AS (sekitar Rp224,7 miliar) di luar Amerika Utara, sehingga total globalnya menjadi 44,5 juta dolar AS (sekitar Rp666,6 miliar).

Baca juga: Debut "Guardians of the Galaxy Vol. 3" capai Rp1,6 triliun di domestik

Pendapatan kotor untuk debut "Elemental" berada di bawah peringkat film Pixar lainnya seperti "The Good Dinosaur" (2015) dan "Onward" (2020) yang sama-sama debut dengan 39 juta dolar AS (sekitar Rp584 miliar).

Box office mingguan periode Jumat (16/6) hingga Minggu (18/6) juga diwarnai film lainnya dengan peringkat secara berturut-turut yaitu "Spider-Man: Across the Spider Verse", "Transformers: Rise of the Beasts", dan "The Little Mermaid" yang masih bertahan di bioskop.

"Spider-Man: Across the Spider Verse" menghasilkan 27,8 juta dolar AS (sekitar Rp416 miliar) di akhir pekan ketiga peluncurannya di Amerika Utara. Sementara itu, "Transformers: Rise of the Beasts" dan "The Little Mermaid" masing-masing menambahkan pendapatan kotor sebesar 20 juta dolar AS (sekitar Rp299,6 miliar) dan 11,6 juta dolar AS (sekitar Rp173,7 miliar) di wilayah yang sama.

Baca juga: "Super Mario Bros" berhasil raup 1 miliar dolar AS di pekan keempat

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023