Beijing (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Beijing tetap memberikan pelayanan kekonsuleran kepada warga negara Indonesia selama liburan Festival Perahu Naga pada Kamis dan Jumat pekan ini  yang merupakan hari libur nasional di China, Hong Kong, Makau, dan Taiwan.

"Bahkan hari ini kami juga mengadakan pertemuan dengan para jurnalis  ASEAN di China," kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Beijing, Dewi Avilia, Kamis.

Pelayanan kekonsuleran secara hotline ini juga diberikan oleh Konsulat Jenderal RI (KJRI) Shanghai, KJRI Guangzhou, dan KJRI Hong Kong,  selama liburan yang dikenal dengan Duanwu Jie tersebut.

Keempat perwakilan pemerintah Indonesia di China dan Hong Kong itu kembali buka seperti biasa Senin pekan depan.

Baca juga: "Zongtea" dulang popularitas di kalangan konsumen China

Seluruh perkantoran dan sekolahan di China juga tutup selama liburan yang dikenal di kalangan Tionghoa Indonesia dengan Peh Cun itu.

Kantor Kementerian Luar Negeri China, dalam keterangan tertulisnya,  juga mengumumkan ditiadakannya pengarahan pers rutin selama Kamis dan Jumat pekan ini,  untuk memperingati liburan yang biasanya diramaikan dengan lomba balap perahu naga dan makan bakcang tersebut.

Sejak Rabu sore kemarin, lalu lintas di Beijing macet oleh kendaraan roda empat yang hendak meninggalkan ibu kota China ini.

Sementara itu, beberapa wisatawan juga berdatangan ke Sanya di Provinsi Hainan, yang merupakan pulau tropis di ujung selatan China.

Baca juga: Canton Fair Ke-133: Pameran Produk Fesyen Meriahkan Festival Perahu Naga

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023