Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan tema HUT Ke-496 DKI Jakarta, yakni "Jakarta: Jadi Karya untuk Nusantara" dipilih untuk menggambarkan kesiapan Jakarta dalam mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki.
 
"Untuk mewujudkan pembangunan kota dan kesejahteraan masyarakat serta menjadi pemacu kemajuan bagi daerah-daerah lain di Indonesia," kata Heru saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-496 DKI Jakarta di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis.
 
Komitmen tersebut tecermin dalam Cita Provinsi Jakarta, yaitu "Sukses Jakarta untuk Indonesia". Dengan pengalaman sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dan berdampak bagi pembangunan di daerah-daerah lain di Indonesia.
 
Perayaan HUT DKI Jakarta, kata Heru, diawali dengan pencanangan yang melibatkan pelepasan 496 burung dan penanaman pohon. Hal itu sebagai simbol komitmen Jakarta dalam mendukung pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dengan berorientasi pada lingkungan.

Baca juga: Heru maknai HUT Ke-496 DKI sebagai perjalanan panjang hadapi tantangan
 
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik yang modern dengan pelestarian lingkungan alam.

Pengelolaan air, penanganan sampah dan penghijauan harus menjadi prioritas dalam rencana pembangunan jangka panjang. "Dengan menjaga keindahan alam Jakarta, kita juga melindungi warisan alam yang berharga bagi generasi mendatang," ujar Heru.​​​​​​​

Heru turut mengajak semangat perayaan HUT ke-496 Kota Jakarta sebagai kesempatan untuk memperkuat sinergi dalam upaya membangun masa depan Jakarta sebagai Kota Global yang menjadi unsur terdepan dalam kemajuan Indonesia.
 
"Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda dalam merayakan hari yang bersejarah ini. Mari kita terus bersama-sama membangun Kota Jakarta yang semakin maju dan sejahtera," kata Heru.

Baca juga: Tarif TransJakarta, MRT, LRT saat HUT ke-496 Jakarta hanya Rp1
 
Heru menyebutkan, saat memasuki usia ke-496, Jakarta terus berupaya menjadi kota yang tangguh, sejajar dengan kota-kota maju di dunia dan menjadi tuan rumah bagi berbagai perhelatan acara penting berskala internasional.
 
Upacara dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Turut hadir juga Forkopimda Provinsi DKI Jakarta, Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Ketua DPRD DKI Jakarta serta jajaran kepala dinas.
 
Prosesi upacara diawali dengan penampilan video kilas balik tentang Kota Jakarta dan ditutup dengan Pj Gubernur DKI Jakarta beserta Ketua DPRD, Forkopimda, Sekda serta Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata.

Para Asisten Sekda dan Para Walikota/Bupati melaksanakan pemotongan tumpeng sebagai bentuk tasyakuran HUT ke-496 Kota Jakarta bersama TNI/Polri.

 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023