Mekkah (ANTARA) - Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada seluruh petugas panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) untuk selalu istiqomah dalam melayani peserta ibadah haji hingga prosesi haji selesai.

"Ujung tombak kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji ini ya para petugas," kata Gus Yaqut saat mengunjungi hotel di sektor 11 kawasan Misfalah, Mekah.

Gus Yaqut mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas atas dedikasi dalam menjalankan tugas-tugasnya membantu jamaah.

Baca juga: Menag sebut persiapan fasilitas di Mina sudah 99 persen

"Saya tadi ketemu jamaah yang sudah lansia, merasa tertolong dengan adanya petugas," kata Menag.

Menag mengingatkan kepada petugas agar menganggap jamaah sebagai keluarga sendiri saat memberikan pelayanan. "Sejatinya mereka semua adalah keluarga kita," kata Gus Men, sapaan untuk menag.

Menag tiba di hotel sektor 11 kawasan Misfalah, Mekah sekitar pukul 21.15 waktu Arab Saudi.

Sesampainya di hotel, Gus Men langsung menyapa petugas dan menyalami jamaah calon haji.

Gus Men juga berkesempatan untuk berbincang dengan jamaah tertua kloter SOC-89, Suminah Sadami Sardi yang baru tiba di Mekah.

Baca juga: Menag: Jamaah haji Indonesia dapatkan kemudahan dari Arab Saudi

Baca juga: Menag cek persiapan layanan tenda sampai toilet di Arafah


Saat berbincang dengan Suminah yang masih sehat tersebut, Gus Men mengatakan agar tidak sungkan untuk meminta pertolongan petugas jika membutuhkan sesuatu.

Menag juga menyalami dan berfoto dengan jamaah di lobi hotel saat menunggu bus Shalawat yang akan mengantarkan mereka untuk umrah wajib ke Masjidil Haram.

Dalam agenda sebelumnya, Menag meninjau Arafah dan Mina untuk mengecek persiapan dan fasilitas jelang pelaksanaan puncak ibadah haji 1444 H/ 2023 Masehi.

Pewarta: Wahyu Putro Arinto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023