BLK yang didukung sarana lengkap dan instruktur profesional menjadi modal awal peningkatan keahlian. Harapannya angka pengangguran akan berkurang cepat ...
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, melaporkan progres pembangunan gedung bengkel kerja (workshop) Balai Latihan Kerja (BLK) di Karimun dan Batam kepada Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah di Jakarta.

Ansar pada kesempatan itu menyampaikan progres pembangunan Gedung BLK di Kabupaten Karimun dan Kota Batam sedang berjalan dan ditargetkan rampung akhir tahun 2023.

"Targetnya bulan Oktober 2023 sudah rampung," kata Gubernur Ansar saat menemui Menaker Ida Fauziah di Kompleks Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Kamis.

Gubernur menyebut Gedung BLK di Karimun akan berfokus pada pelatihan keahlian teknik las, kelistrikan, dan mekanikal (alat berat), yang diharapkan dapat memberi kontribusi nyata terhadap penyediaan tenaga kerja terampil melalui pelaksanaan program pelatihan yang link and match dengan kebutuhan industri di Karimun dan Kepri.

Menurutnya, saat ini Karimun yang merupakan kawasan zona perdagangan bebas (FTZ) memiliki banyak investor, sehingga SDM di daerah ini harus dipersiapkan dengan baik agar bisa dimanfaatkan perusahaan yang berinvestasi.

Baca juga: Gubernur Kepri harap Karimun dan Bintan diatur sebagai KPB PB

"Untuk mendukung kegiatan pembangunan Unit Pelaksana Teknis Pelatihan (UPTP) di Kepri. Workshop BLK Karimun tetap di bawah pembinaan dari UPTP BLK Batam," kata Gubernur Ansar.

Ia juga meminta dukungan kepada Menaker Ida Fauziah agar setelah selesai pembangunan Gedung BLK di Karimun dapat langsung diberikan berbagai kebutuhan peralatan untuk mendukung dan menunjang pelatihan.

Sementara Menaker, Ida Fauziah menyambut baik apa yang disampaikan Gubernur Ansar dan akan segera menindak lanjuti kebutuhan peralatan yang dibutuhkan BLK di Karimun.

Ia memandang Provinsi Kepri yang telah lama menjadi lumbung investasi sangat membutuhkan sarana dan prasarana untuk mendukung peningkatan kompetensi dan keahlian tenaga kerja lokal.

"BLK yang didukung sarana lengkap dan instruktur profesional menjadi modal awal peningkatan keahlian. Harapannya angka pengangguran akan berkurang cepat dan dunia usaha serta dunia industri di Kepri kian berkembang pesat," kata Menaker Ida Fauziah.

Baca juga: Menaker: BLK Komunitas upaya kembangkan kompetensi angkatan kerja
Baca juga: Menaker minta optimalkan transformasi BLK untuk tekan angka kemiskinan

Pewarta: Ogen
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023