... guna menjadikan Korea Utara sebagai negara tak tertandingi dalam senjata nuklir... "
Seoul (ANTARA News) - Korea Utara telah memberikan medali negara dan penghargaan-penghargaan lainnya bagi ribuan ilmuwan dan pekerja yang berada di balik uji nuklir baru-baru ini, kata media negara.

Penghargaan negara, medali dan manfaat lainnya diberikan kepada 11.592 ilmuwan, teknisi, pekerja dan pejabat lainnya atas kontribusi mereka terhadap uji nuklir 12 Februari, kata kantor berita resmi Korean Central News Agency Sabtu.

Korea Utara uji nuklir ketiga, yang diikuti peluncuran roket jarak jauh pada Desember lalu yang secara luas dikritik, memicu kecaman bulat di Dewan Keamanan PBB.

Para ilmuwan nuklir dan para pejabat lainnya yang bekerja pada pengujian itu juga diterima dan disambut sebagai pahlawan di Pyongyang pekan lalu ketika mereka memenangkan perjalanan ke ibu kota.

"Mereka sekarang menghabiskan hari yang menyenangkan di Pyongyang, memberikan dukungan terbesar dan hak istimewa," kata KCNA.

Para pejabat tinggi memuji para ilmuwan dan pekerja sebagai patriot sejati dan mendesak mereka lebih mengembangkan teknologi nuklir guna menjadikan Korea Utara sebagai negara tak tertandingi dalam senjata nuklir.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, juga memberikan medali negara dan penghargaan lainnya kepada ratusan ilmuwan yang bekerja pada peluncuran roket itu.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013