Kami menyesali keputusan ini..."
Milan (ANTARA News) - Tim juru kunci Liga Italia Palermo memecat pelatih Alberto Malesani setelah ia melatih tim tersebut untuk tiga pertandingan pada Minggu dan, dalam langkah yang luar biasa, segera merekrut kembali sosok yang ia gantikan - Gian Piero Gasperini.

"Kami menyesali keputusan ini mengingat Alberto Malesani merupakan sosok yang baik serta pelatih yang baik," kata klub Sisilia itu dalam pernyataannya setelah mereka untuk ketiga kalinya berganti pelatih pada musim ini.

"Kami berterima kasih untuk usahanya. Keputusan kelihatannya merupakan yang terbaik pada masa sulit ini."

Malesani, yang pekerjaannya sebelumnya di Genoa pada musim lalu juga hanya berlangsung kurang dari satu bulan, merupakan korban terkini dari presiden klub Palermo Maurizio Zamparini, yang rata-rata memecat dua pelatih dalam semusim.

Zamparini memulai "hobinya" tersebut pada musim ini ketika ia memecat Giuseppe Sannino setelah hanya melatih tim selama tiga pertandingan, dengan mengatakan bahwa hubungan sang pelatih dengan tim telah terganggu.

Gasperini kemudian masuk namun ia dipecat setelah timnya kalah dari Atalanta pada awal Februari, ketika ia bahkan tidak berada di bangku pemain cadangan, karena sedang terkena skorsing.

Delio Rossi memiliki pengalaman serupa dua tahun silam ketika ia dipecat setelah hanya melatih selama lima pekan dimana Serse Cosmi, penggntinya, juga dipecat.

Terdapat beberapa estimasi perihal berapa banyak pelatih yang dipecat Zamparini sepanjang karirnya, jumlah itu tergantung kepada apakah pelatih sementara ikut dipertimbangkan dan dirumitkan dengan fakta bahwa ia memecat seorang pelatih lebih dari satu kali.

Francesco Guidolin telah melatih Palermo dalam empat kurun waktu di bawah Zamparini, meski masa jabatan kedua dan ketiganya hanya terpisah selama dua pekan setelah dua pemecatan awalnya dibatalkan.

Stefano Pioli adalah pelatih dengan masa jabatan tersingkat di Palermo, di mana ia dipcat sebelum bertugas di satu pertandingan Liga Italia pun pada Agustus musim lalu, meski ia sempat menangani tim pada dua pertandingan kualifikasi League Europa.

Pemecatan Malesani merupakan pergantian pelatih yang ke-11 pada Liga Italia musim ini, yang diikuti 20 klub.

Tim dasar klasemen Palermo bermain imbang 0-0 dengan Genoa pada Sabtu, dan telah mengumpulkan 20 angka dari 26 pertandingan, terpaut enam angka dari zona aman. (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013