...menuntun kita untuk kembali pada Bandung yang asri tempo dulu."
Bandung (ANTARA News) - Rumah Seni Sarasvati menggelar pameran foto "Art Deco Kiwari" yang menampilkan foto-foto hasil bidikan sembilan pemotret peduli bangunan tua bersejarah.

"Pameran foto di Rumah Seni Sarasvati ini memberikan pemahaman dan gambaran tentang Bandung tempo dulu yang membawa pada alam pembanding kekinian," kata Aktivis Bandung Heritage Fracis B Affandi di Bandung, Senin.

Pameran foto yang menampilkan sekitar 16 foto bangunan heritage itu, berlangsung di Rumah Seni Sarasvati yang berlokasi di Jalan Sudirman 143 Kota Bandung, tepatnya di bangunan "Weston".

Foto yang ditampilkan antara lain beberapa foto bangunan Kota Bandung tempo dulu lengkap dengan landscap nya.

"Foto-foto ini membawa kita pada alam klasik, Bandung tempo dulu. Selain itu menuntun kita untuk kembali pada Bandung yang asri tempo dulu," kata Francis.

Foto bangunan yang dipamerkan di tempat itu antara lain foto Gedung Isola, di Jalan Setiabudi Kota Bandung, kemudian Kompleks Pertokoan di Jalan ABC dan Braga, foto udara Kompleks Kodam III Siliwangi, Gedung Bank BJB dan lainnya.

Sedangkan foto yang cukup menarik pengunjung adalah foto Villa Mei Ring yang berlokadi di kawasan Cisitu Kota Bandung.

Foto tersebut diambil dari kawasan Ciumbuleuit yang menampilkan jembatan Jalan Siliwangi dengan bagian atasnya bangunan Villa Mei Ring, yang cukup berperan dalam pergantian pemerintahan Jepang ke pemerintahan Belanda itu.

"Foto Vila Mei Ring benar-benar membawa kita untuk menerka, ternyata itu di kawasan dekat Babakan Siliwangi, tepatnya di Bukit Cisitu," kata salah seorang pengunjung.

Sementara itu Francis B Affandi, yang merupakan salah satu penggerap Bandung Heritage mengajak warga Kota Bandung untuk peduli bangunan tua dan memelihara keberadaaya.

"Kita mulai dari bangunan-bangunan tua kecil seperti rumah tinggal di lingkungan masing-masing, agar tetap bisa dipertahankan keberadaannya," kata Francis B Affandi menambahkan. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013