Sudah saatnya pelaku UMKM di DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur (JakPreneur) menjadi pengusaha yang tangguh dan naik kelas
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sukses memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan melaksanakan bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara serentak dengan jumlah peserta terbanyak yang digelar pada 22-23 Juni 2023.
 
"Sudah saatnya pelaku UMKM di DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur (JakPreneur) menjadi pengusaha yang tangguh dan naik kelas," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menanggapi penghargaan rekor MURI yang berhasil diraih di Jakarta, Kamis.
 
MURI memberikan penghargaan tersebut tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
 
Dengan banyaknya pelatihan, kata Ratu, bazar menjadi salah satu implementasi dari pelatihan tersebut untuk menghadapi persaingan pasar yang ketat di era globalisasi.
 
Selain itu, Ratu turut mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat, khususnya Suku Dinas PPKUKM Jakarta Timur yang telah melakukan inisiasi kegiatan bazar sekaligus mendukung peningkatan kualitas UMKM di DKI Jakarta.
 
Kegiatan bazar dilaksanakan secara serentak di sepuluh kecamatan dan satu kota administrasi, serta melibatkan pelaku UMKM binaan enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Jakarta Timur, dengan total mencapai 1.950 peserta dan fasilitas 970 tenda bazar.
 
Kemudian, Kepala Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur Derliana Melinda Sagala menjelaskan pelaksanaan bazar ini telah melalui proses kurasi terhadap 1.950 pelaku UMKM calon peserta bazar.
 
Bazar ini juga menggunakan QRIS untuk mempermudah pembayaran serta untuk mewujudkan transaksi digital di kalangan UMKM.
 
"Khususnya  untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pelaku UMKM peserta bazar kami juga menggandeng BPJS Ketenagakerjaan," ucap Ratu.
 
Adapun beberapa wilayah yang ikut dalam perhelatan bazar ini yaitu Kantor Kecamatan Cakung, Ciracas, Pulo Gadung, Matraman, Jatinegara, Makasar, Cipayung, Duren Sawit, Pasar Rebo, serta Kramat Jati.
Baca juga: Pemkot Jaksel pamerkan produk binaan Jakpreneur sambut HUT DKI Jakarta
Baca juga: UMKM Jakarta Barat diminta maksimalkan fungsi web Jakpreneur
Baca juga: Pemkot minta 2.500 UMKM Jakpreneur miliki NIB untuk akses pinjam modal

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023