Kita telah memprioritaskan program dan anggaran untuk peningkatan deteksi dan pencegahan pada HIV/AIDS, tuberculosis, dan malaria
Ambon (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku memperkuat pencegahan dan pengendalian penyakit HIV/AIDS, tuberculosis (TBC)  dan malaria (ATM).

"Upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, tuberculosis  dan malaria dengan mengiterintegrasikan program ke dalam dokumen perencanaan (RPJMD) Kota Ambon," kata Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, pencegahan pengendalian ATM yang telah terintegrasi dalam dokumen RPJMD perlu pengawasan yang ruang lingkup meliputi perencanaan sumber daya di daerah dalam pembangunan kesehatan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkuat integrasi ATM dalam dokumen perencanaan secara spesifik, meliputi adanya rumusan ATM pada rencana kerja dan anggaran (RKA) APBD 2024, perubahan rencana kerja (renja)  APBD 2024, perubahan kinerja penyelenggara pemerintah daerah (KPPD) APBD 2024, dan perubahan renstra dinas kesehatan yang memuat program ATM" katanya.

Pemkot Ambon, kata dia, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) akan menjalankan prosedur penanggulangan sesuai dengan petunjuk teknis integrasi (PTI) ATM yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI.

"Dimana penanggulangan akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan yang berkenaan dengan strategi dan kebijakan nasional," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran penanggulangan HIV/AIDS, tuberculosis dan malaria pada RAPBD Kota Ambon tahun 2023.

Seluruh upaya dilakukan dalam rangka merumuskan, mendapatkan dukungan serta membuat kesepakatan untuk anggaran ATM dimasukkan ke dalam dokumen perencanaan anggaran OPD di luar kesehatan dan pihak swasta.

"Kita telah memprioritaskan program dan anggaran untuk peningkatan deteksi dan pencegahan pada HIV/AIDS, tuberculosis, dan malaria," ujarnya.

Ia berharap, seluruh program penanggulangan berjalan secara optimal dan tentunya akan mencapai tujuan yang diharapkan yaitu 2030 tidak ada lagi kasus baru HIV/ AIDS, tuberculosis  dan malaria

“Saya berharap semua pemangku kepentingan dapat bekerja sama menambah pemahaman yang baik terkait dengan petunjuk teknis integrasi ATM untuk tujuan perencanaan ATM di APBD Kota Ambon Tahun 2023 dan tahun selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Lombok Barat sediakan buku bahan ajar pencegahan HIV/AIDS
Baca juga: Dinkes Ambon wajibkan ibu hamil tes HIV/AIDS
Baca juga: Dinkes Ambon catat 145 kasus baru HIV/AIDS di 2023

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023