Jakarta (ANTARA) — Saham dinilai menjadi instrumen investasi yang semakin mudah diakses okeh masyarakat. Tak hanya makin menjamurnya broker saham yang menyediakan aplikasi yang dapat diunduh di toko aplikasi favorit masyarakat, tapi juga menyediakan opsi bermain saham dengan modal mulai dari Rp100 ribu.
 
Sebenarnya, hal ini berlaku bagi siapa saja yang sedang mencari tips cara investasi saham menggunakan modal kecil. Mungkin saja ini sangat berguna bagi Anda yang mulai belajar tentang investasi saham. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.
 
Kebanyakan trader pemula terjebak dengan potensi keuntungan yang dihadirkan oleh investasi saham. Hanya saja mereka belum paham risikonya. Hingga pada akhirnya mereka pun kehilangan begitu banyak uang saat berinvestasi saham.
 
Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bermain saham:
 
1. Pilih broker saham terpercaya
Alangkah baiknya Anda memilih saham dengan harga terjangkau sekaligus berpotensi. Biasanya untuk pembelian saham minimalnya 1 lot atau 100 lembar. Inilah mengapa jika modal Anda cuma senilai Rp100.000, maka sebaiknya Anda mencari saham harga di bawah Rp1.000 per lembarnya.
 
Yang terpenting, jangan terlalu sembarangan menentukan pilihan hanya karena harganya murah. Tetapi, ada baiknya pertimbangkan pula aspek yang lainnya.
 
Ada beberapa platform broker saham terpercaya yang bisa Anda gunakan, diantaranya ialah Exness, FBS, XM Global, dan lain sebagainya.
 
Untuk mempermudah Anda menemukan broker saham, maka Anda bisa memanfaatkan website Financer.com untuk membandingkan broker saham terpercaya secara gratis.
 
2. Menetapkan tujuan finansial
Kali ini Anda bisa mencoba cara bermain saham dengan modal 100 ribu hanya dengan menetapkan tujuan finansial terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda semakin mudah memperkirakan jangka waktu menabung saham 100 ribu per bulannya sekaligus potensi imbal hasilnya.
 
Hal ini dikarenakan instrumen keuangan saham memiliki resiko tinggi terhadap pergerakan harga fluktuatif dalam jangka waktu pendek.
 
3. Konsisten dalam bermain saham
Konsisten adalah kunci utama dalam trading saham. Tentu saja hal tersebut berlaku pula pada investasi saham dengan modalnya 100 ribu rupiah. Bukan hal yang menjadi permasalahan jika Anda mampu bermain saham dengan modal terbatas.
 
Asalkan Anda mampu konsisten dalam bermain saham. Anda kini bisa lakukan analisis data serta menentukan pilihan pada strategi terbaik. Jika memungkinkan, tentu saja Anda bisa menambah modal saham ke depannya supaya keuntungan yang diperoleh semakin banyak.
 
4. Jual beli saham pada waktu tepat
Modal kecil bukanlah penghalang untuk bisa bermain saham. Kali ini, Anda bisa melakukan proses jual beli saham di waktu paling tepat. Biasanya untuk saham lapis kedua maupun saham lapis ketiga mampu memberikan penawaran harga rendah serta pergerakan bergejolak dibandingkan saham bluechip.
 
Inilah mengapa Anda harus selalu rutin melakukan pemantauan harga supaya nanti tidak mengalami kerugian dikarenakan salah dalam menentukan pilihan waktu transaksinya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023