Dampak hujan lebat hingga petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan lainnya
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan empat kabupaten di Kalimantan Timur mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Jumat-Sabtu (23-24/6), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak hujan lebat hingga petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Kamis.

Ia mengatakan empat kabupaten yang dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang yaitu Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu.

Meski hanya empat kabupaten yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut, namun masyarakat dan pihak terkait di enam kabupaten/kota lainnya diharapkan tetap waspada karena berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang yang dapat disertai angin kencang.

Rinciannya adalah hujan petir di Kutai Barat diperkirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 20.00 WITA di dua kecamatan yakni Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Pukul 23.00 WITA hujan disertai petir berpotensi terjadi pada tujuh kecamatan yakni Sendawar, Melak, Barong Tongkok, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Tering.

Baca juga: BMKG minta sejumlah wilayah di Indonesia waspada hujan lebat

"Pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WITA, hujan petir diprakirakan terjadi pada lima kecamatan yakni Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung dan Muara Lawa, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 08.00 WITA," katanya.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat sekitar pukul 23.00 WITA hingga Sabtu dini hari diprakirakan hujan sedang hingga hujan petir di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kembang Janggut dan Kenohan.

Kabupaten Kutai Timur pada Jumat sekitar pukul 11.00 WITA, hujan petir di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, pukul 20.00 WITA di Kecamatan Muara Wahau dan Busang.

"Kemudian sekitar pukul 23.00 WITA hujan petir berpotensi terjadi di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Batu Ampar, Kongbeng, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan Kecamatan Telen," katanya.

Kabupaten Mahakam Ulu pada Jumat pukul 20.00 WITA hingga Sabtu dini hari, hujan petir berpotensi terjadi pada tiga kecamatan yakni Kecamatan, Long Bagun, Laham, dan Kecamatan Long Hubung.

Baca juga: Sebagian Jakarta dilanda hujan disertai petir dan angin pada Kamis

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023