Singa dan macan ini memang ada satu hari puasa. Selain untuk penghematan, ini juga agar pencernaan mereka tetap sehat dan di alam liarnya, mereka juga tidak setiap hari makan...
Banjarnegara (ANTARA News) - Singa dan harimau di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara, terpaksa berpuasa selama sehari dalam sepekan karena kenaikan harga daging sapi.

"Ini kami lakukan karena keterbatasan anggaran seiring dengan kenaikan harga daging," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis TRM Serulingmas Banjarnegara, Jawa Tengah Yunus Rosyadi, Senin.

Anggaran untuk satwa pemakan daging di taman margasatwa itu sebesar Rp355 juta per tahun. Jumlah tersebut diperkirakan hanya mampu mencukupi kebutuhan makanan satwa selama 10 bulan, kata Yunus.

Menurut Yunus, singa yang berada di taman tersebut berjumlah delapan ekor dan harimau empat ekor.

"Masing-masing satwa membutuhkan daging enam kilogram per hari. Ini (anggaran) jelas tidak cukup dengan kenaikan harga daging yang tidak terkendali, sehingga kami melakukan efisiensi tanpa mengurangi jatah makan," katanya.

Langkah efisiensi yang dilakukan yakni dengan memberikan daging ayam dan ikan pada hewan-hewan tersebut, termasuk puasa selama sehari dalam sepekan.

Kapasitas

Lebih lanjut Yunus mengatakan, TRM Serulingmas telah melebihi kapasitas. Ia mencontohkan, dalam satu kandang terdapat delapan ekor singa, padahal kapasitas normal hanya mampu menampung empat ekor.

"Padahal, ada dua singa betina yang saat ini sedang hamil," katanya.

Untuk mengatasi hal ini, ujar Yunus, pihak TRM Serulingmas telah menawarkan beberapa ekor singa tersebut untuk ditransfer ke Gembiraloka di Yogyakarta atau Ragunan di Jakarta.

(KR-SMT)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013