Jakarta (ANTARA) - Pernahkah Anda memperhatikan bahwa pembayaran nirsentuh sebenarnya bukan betul-betul nirsentuh, teknologi near-field communication (NFC) sebenarnya bekerja pada jarak yang sangat dekat, sering kali harus menyentuh satu perangkat dengan perangkat lain.

Kondisi tersebut diperkirakan berubah dalam beberapa tahun ke depan. Mengutip Androidauthority pada Jumat (23/6), Forum NFC yang didirikan oleh Sony, NXP Semiconductors, dan Nokia pada tahun 2004 untuk meningkatkan NFC, telah mengungkapkan peta jalan untuk teknologi NFC yang berlangsung dari sekarang hingga 2028.

Peta jalan ini dibuat oleh perwakilan dari Apple, Google, dan lainnya untuk menguraikan lima inisiatif kunci untuk arah teknologi selama dua sampai lima tahun ke depan. Salah satu inisiatif tersebut adalah meningkatkan jangkauan koneksi NFC.

Saat ini, koneksi NFC hanya berfungsi pada jarak 5mm. Namun, Forum NFC ingin memperpanjang jarak ini empat hingga enam kali lipat.

Baca juga: Menilik kesiapan teknologi nirsentuh pembayaran tol MLFF

Ini tidak hanya akan memungkinkan pembayaran nirsentuh menjadi benar-benar nirsentuh, tetapi juga akan membuat transaksi lebih cepat dan lebih mudah.

Bahkan perubahan sederhana dikatakan cukup untuk mengurangi presisi yang diperlukan untuk menyelaraskan antena.

Grup itu berbagi bahwa mereka juga ingin meningkatkan pengisian daya nirkabel melalui NFC dari 1W ke 3W.

Melakukan hal itu akan memungkinkan daya nirkabel dan pengisian daya di perangkat yang lebih kecil. Itu bahkan bisa memungkinkan pembuatan aplikasi baru yang sebelumnya belum dijelajahi.

Baca juga: Kementerian PUPR pasang tiang sensor MLFF di Tol JORR S

Inisiatif lainnya adalah mengaktifkan ketukan multiple-purpose. Ini dilaporkan akan mendukung beberapa tindakan dengan satu ketukan.

Selain itu, grup tersebut menyebutkan memberikan fungsionalitas Point-of-Sale smartphone yang mendukung NFC dan kemampuan untuk berbagi bagaimana produk harus didaur ulang.

Meskipun bagus untuk bermimpi tentang kemajuan ini yang membuahkan hasil, jangan berharap itu akan datang tahun ini. Butuh beberapa saat sebelum perbaikan ini dilakukan dan mereka menemukan jalannya ke perangkat Anda.

Baca juga: Pakar ajak publik mendukung sistem pembayaran tol nirsentuh

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023