kegiatan wisata olahraga internasional mendapat dukungan penuh dari Pemkab Bintan dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad
Bintan (ANTARA) - Bupati Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Robby Kurniawan menyampaikan agenda wisata olahraga Bintan Triathlon kembali digelar pada 21-22 Oktober 2023 setelah absen selama tiga tahun.

Bintan Triathlon 2023 dilaksanakan di Lagoi Bay, kawasan wisata Bintan Resorts, sebuah lokasi wisata dengan latar belakang pemandangan pantai, danau dan hutan hijau di Pulau Bintan.

"Bintan Resorts sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan wisata olahraga internasional mendapat dukungan penuh dari Pemkab Bintan dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad," kata Robby Kurniawan Bintan, Kepri, Jumat.

Robby menyebut pihak panitia penyelenggara Bintan Triathlon juga telah meyakinkan pemerintah setempat tentang keamanan, kenyamanan dan keseruan bagi semua peserta dan keluarga yang datang menyaksikan acara tersebut.

"Kami antusias untuk mengembalikan acara ini ke Pulau Bintan," ujar Roby.

Bintan Triathlon 2023 digelar Bintan Resorts Cakrawala (pengelola kawasan wisata Bintan Resort) bekerja sama dengan TriFactor Asia, sebuah brand yang bergerak khusus untuk mewadahi platform olahraga Triathlon dan dikelola oleh Orange Room Pte Ltd di Singapura, dan kini menjadi mitra resmi Bintan Resorts untuk mengadakan Bintan Triathlon by TriFactor 2023.

Baca juga: Bandara SKK II Pekanbaru layani penerbangan ke Bintan mulai 7 Juli

Baca juga: Investor asal Prancis tertarik bangun pelabuhan di Kabupaten Bintan


Kedua belah pihak sama-sama sudah mengumumkan kembalinya ajang wisata olahraga Bintan Triathlon by Trifactor 2023 di Pulau Bintan.

Atlet Triathlon dari berbagai negara bakal berkumpul kembali di Pulau Bintan untuk bersaing daya tahan tubuh yang mencakup renang, sepeda dan lari.

Ajang tersebut merupakan momen bersejarah yang menandai kembalinya geliat pariwisata olahraga internasional di Pulau Bintan yang telah berhasil memikat hati para penggemar di masa lalu.

"Terakhir, Bintan Triathlon diadakan
pada tahun 2019 dan terhenti setelahnya pandemi COVID-19 dari 2020 hingga 2022," kata Abdul Wahab, Group General Manager PT Bintan Resorts Cakrawala.

Abdul Wahab berharap kerja sama dengan TriFactor akan mendatangkan kembali atlet Triathlon internasional serta lokal dan menjadikan ajang ini kembali dalam kalender agenda tahunan di Pulau Bintan.

Bagi peserta dan pecinta Triathlon, lanjutnya, Bintan merupakan lokasi latihan yang ideal menjelang hari kompetisi oleh karena garis pantai yang panjang membentang luas di sepanjang jalur jalan yang bebas hambatan tanpa lampu lalu lintas sejauh 100 kilometer serta bebas polusi.

Elvin Ting, Direktur Utama sekaligus pendiri Orange Room Pte Ltd, mengutarakan, TriFactor dengan senang hati bekerja sama dengan Bintan Resorts untuk mengadakan Bintan Triathlon by TriFactor 2023 ini.

Kolaborasi erat tersebut bertujuan menghidupkan kembali wisata olahraga di lokasi yang memukau di Bintan, sekaligus menawarkan tempat yang sempurna bagi komunitas kami untuk berlatih dan bersaing di tingkat tertinggi.

Ia menambahkan bahwa pesisir pulau yang luas, jalan-jalan yang terawat dengan baik, dan infrastruktur yang luar biasa di Pulau Bintan, menciptakan tempat latihan yang ideal bagi para atlet, menjamin keamanan, kesenangan, dan sangat menginspirasi peserta.

“Kami juga bekerja erat dengan Federasi Nasional untuk melibatkan generasi muda dalam acara Triathlon dan bersepeda ini," ujar Elvin.

Kompetisi Triathlon 2023 dikemas menarik, di mana para peserta akan melibas tantangan dalam rangkaian kompetisi Triathlon jarak pendek (Sprint), Triathlon jarak olimpiade (Olympic), Triathlon jarak panjang (Enduro) serta Kids Splash & Dash khusus bagi peserta anak-anak untuk merasakan kegembiraan Event Triathlon di Pulau Bintan.

Baca juga: Pemprov Kepri kembali usulkan pembangunan jembatan Batam-Bintan

Baca juga: BPH Migas Bahas Pemenuhan Ketersediaan BBM Wilayah 3T Kabupaten Bintan

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023