Pemerintah daerah akan selalu siap mendukung kegiatan yang mengangkat nama Bintan di mata dunia. Melalui ajang ini, kita bisa mengenalkan kekayaan dan pesona alam Bintan secara global
Bintan (ANTARA) - Sebanyak 500 atlet dari 35 negara memeriahkan Bintan Triathlon 2023 di kawasan wisata Lagoy Bay, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Luar biasa. Ini pertanda pariwisata di Bintan tak akan pernah mati," kata Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith di sela kegiatan Bintan Triathlon 2023 di Lagoi Bay Bintan, Sabtu.

Ia menyatakan ajang bergengsi Bintan Triathlon merupakan salah satu ikon olahraga dan wisata di Bintan, karena penyelenggaraannya dihadiri para atlet ternama dari berbagai negara di dunia.

Agenda tersebut kembali digelar tahun ini setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19.

Kegiatan ini diharapkan bisa membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Bintan.

"Pemerintah daerah akan selalu siap mendukung kegiatan yang mengangkat nama Bintan di mata dunia. Melalui ajang ini, kita bisa mengenalkan kekayaan dan pesona alam Bintan secara global," ujar Wakil Bupati Bintan.

Olahraga Triathlon ini menguji ketahanan fisik peserta melalui renang, bersepeda dan berlari secara berurutan. Ada beberapa kategori Bintan Triathlon 2023, yakni kategori Enduro (101,5 kilometer), Olympic (51,5 kilometer) dan Sprint (25,75 kilometer).

Selain itu, menariknya kegiatan kelas dunia ini juga diiringi dengan dengan Grand Fondo atau dikenal olahraga balap sepeda jarak jauh.

Sejumlah atlet Triathlon ternama asal Provinsi Kepri, seperti Albert Wijaya dan Max Federico Carlen ikut dalam olahraga ini. Keduanya tercatat berhasil mengukir prestasi Triathlon pada ajang Pra PON, bahkan lolos mengikuti PON Aceh-Sumut pada tahun 2024.

Sejumlah atlet ternama dalam dunia Triathlon dari berbagai negara pun tidak ketinggalan mengikuti Bintan Triathlon tahun ini. Seperti Arthur Tong, Elaine Young dan Choo Ling Er dari Singapura.

Ada juga Leanne Szeto asal Hong Kong, kemudian model berkebangsaan Filipina, Aura Alexandra Faith Garcia juga menambah pesona kelas dunia dalam Bintan Triathlon.

Agenda tahunan Bintan Triathlon digelar oleh pihak Bintan Resorts Cakrawala (BRC) selaku pengelola kawasan wisata Lagoi bekerja sama dengan dengan TriFactor, dan didukung penuh Pemerintah Kabupaten Bintan maupun Pemerintah Provinsi Kepri.

"Seharusnya tahun ini merupakan edisi ke-23 penyelenggaraan Bintan Triathlon, namun akibat pandemi harus absen selama tiga tahun sehingga tahun ini menjadi edisi ke-20. Kami memang menargetkan 500 peserta pada ajang tahun ini," kata Group General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab.

Baca juga: Bupati: Wisata olahraga Bintan Triathlon digelar 21-22 Oktober 2023

Baca juga: Kompetisi triathlon Ironman 70.3 kembali digelar di Bintan

Baca juga: Bintan Triathlon tawarkan beragam rangkaian kompetisi penuh tantangan

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023