Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara kompetisi renang, balap sepeda, dan lari Bintan Triathlon mengemukakan pelaksanaan ajang tersebut untuk edisi ke-20 pada tahun 2024 akan digelar di kawasan Bintan Resorts, Kepulauan Riau, pada 1-2 Juni mendatang.

"Event ini bukan sekadar kompetisi triathlon biasa, tetapi juga sebuah kegiatan sport tourism yang spektakuler yang dikelola secara profesional," kata General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab selaku penyelenggara kompetisi dalam konferensi pers peluncuran Bintan Triathlon 2024 di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, pelaksanaan kompetisi yang ke-20 kalinya ini membuktikan Bintan Triathlon terus memperkuat statusnya sebagai destinasi unggulan bagi para penggemar triathlon di seluruh dunia.

Ajang ini, kata dia, dirancang untuk mengakomodasi atlet di berbagai tingkat kemampuan, dari profesional hingga pemula. Selain itu, juga memperhatikan peserta dengan kategori khusus usia remaja dan usia anak-anak seperti kids splash and dash.

"Dengan kategori khusus ini akan memberikan pengalaman yang seru sekaligus inspirasi bagi mereka untuk mengenal dan mencintai dunia triathlon," ujarnya.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti BTN Dash Aquathlon 2024 di Kompleks GBK
Baca juga: Enam triathele Indonesia siap berlaga di Asian Triathlon Cup 2024


Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan nantinya, para peserta akan berkumpul di Bintan Resorts untuk menghadapi tantangan ketahanan fisik dengan berbagai kategori, mulai dari enduro yang mencakup renang sejauh 1,5 km, balap sepeda 80 km, lari 20 km, hingga kategori olimpic dan sprint yang tentunya lebih ringan dari pada enduro.

Abdul menambahkan, Bintan Triathlon merupakan salah satu acara sport tourism tertua di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Bintan Resorts yang selama dua tahun terakhir bekerja sama dengan Orange Room Pte Ltd.

Dukungan dari Bintan Resorts Council sebagai sponsor utama, serta disokong penuh dari pemerintah Kabupaten Bintan, Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menegaskan posisi Bintan sebagai tujuan wisata olahraga yang terkemuka di Provinsi Kepulauan Riau.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, Kemenparekraf terus mendukung ajang Bintan Triathlon karena sport tourism merupakan salah satu instrumen yang paling efektif untuk mendatangkan wisatawan.

Ia mengatakan, pelaksanaan ajang yang ke-20 menunjukkan konsistensi yang tinggi dari penyelenggara sehingga dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan tidak hanya dari jumlah peserta yang ditingkatkan namun kualitas kegiatan juga semakin meningkat.

"Jadi tidak saja kita euforia memperbanyak event tetapi juga meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan juga kualitas dampaknya," katanya.

Baca juga: Gubernur: Bintan Triathlon momentum bangkitnya pariwisata Kepri

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024