Ini adalah komitmen kami untuk membawa dampak positif bagi setiap individu ataupun komunitas melalui olahraga yang menguji daya tahan tubuh. Perlombaan ini tidak hanya menyuguhkan ajang olahraga tetapi juga wisata,"
Jakarta (ANTARA News) - Ajang "Triathlon MetaMan Bintan" kembali digelar pada 31 Agustus 2013 dengan total hadiah 154.000 dollar AS (Rp1,49 miliar) di Bintan, Kepulauan Riau sebagai event yang menggabungkan kegiatan olahraga dan wisata.

"Ini adalah komitmen kami untuk membawa dampak positif bagi setiap individu ataupun komunitas melalui olahraga yang menguji daya tahan tubuh. Perlombaan ini tidak hanya menyuguhkan ajang olahraga tetapi juga wisata," kata pihak penyelenggara, Direktur MetaSport Nathalie Marquet saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Triatlon merupakan kombinasi olahraga renang, lari, dan balap sepeda. Ada dua kategori jarak yang dapat dipilih dalam MetaMan Bintan 2013 yakni "full iron man distance" (3.8km berenang, 180km bersepeda, dan 42.2km lari) dan "half iron distance" (1.9km berenang, 90km bersepeda, dan 21.1km lari).

Ajang triatlon di Bintan merupakan satu-satunya di Asia Tenggara dan tahun lalu diikuti atlet terkenal seperti juara kategori pria Brett Carter dari Australia, legenda "Ironman" Cameron Brown dari Selandia Baru, dan Belinda Granger dari Australia.

Perlombaan yang telah digelar kedua kalinya ini akan dihadiri kurang lebih 500 atlet, penggemar triatlon, dan wisatawan kelas dunia dari 35 negara, termasuk Australia, Inggris Raya, Kanada, Jerman, Irlandia, Denmark, Italia, Singapura, Filipina, Thailand, dan tuan ru mah Indonesia.

"Saya kenal triatlon sejak 2011. Awalnya karena sejak remaja ada masalah dengan berat badan, akhirnya termotivasi. Nanti saya akan coba half iron distance, ini tantangan yang saya berikan kepada diri sendiri," kata artis Denada yang juga mengikuti "Triathlon MetaMan Bintan" 2012.

Bintan dipilih sebagai lokasi triatlon karena tidak hanya memiliki alam yang indah tetapi juga kesiapan infrastruktur yang bagus.

Lomba akan diawali dari pantai secara massal dari Nirwana Gardens Bay sebagai rute renang, dilanjutkan dengan rute sepeda melewati empat bukit yang cukup menantang.

Kemudian peserta akan melanjutkan lomba untuk rute lari di lintasan lari Wakatobi menuju arah pantai Mayang Sari.

"Kami menargetkan 500 ribu wisatawan untuk datang ke Bintan. Event ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meraih angka tersebut," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Guntur Sakti.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013