Jakarta (ANTARA) - Putra Proklamator RI Ir Soekarno, Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, serta Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memantau langsung proses gladi bersih menyambut puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023.

“Terlihat semangat yang sangat membara dari seluruh penari dan satgas yang ada di GBK ini,” ujar Puan Maharani di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat.

Puan Maharani juga terlihat mengajarkan salam Pancasila kepada para penari dan satgas yang akan tampil pada puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023.

“Satu, dua, tiga, salam Pancasila!” ujar Puan menyerukan salam Pancasila.

Para penari dan satgas kemudian balas menyerukan “salam Pancasila”.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat, turut hadir Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat dan Ahmad Basarah yang langsung memantau setiap detail kesiapan puncak BBK.

Dalam gladi bersih, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terdengar sesekali memberi arahan menggunakan microphone dengan pengeras suara kepada Satgas Cakra Buana untuk merapikan barisan dalam mengikuti gladi bersih.

Selain memberi arahan ke Satgas Cakra Buana, Hasto juga melihat kesiapan panggung untuk puncak BBK.

Satgas Cakra Buana kemudian mematuhi perintah Hasto dan berbaris di tengah lapangan Stadion GBK dengan mengenakan caping berwarna merah.

Pembawa acara puncak BBK lantas memulai gladi bersih yang diikuti oleh ribuan Satgas Cakra Buana.

Dari susunan gladi bersih, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri diketahui bakal menyampaikan pidato saat puncak BBK.

Setelah itu, Puan yang juga berstatus cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno juga akan memberi arahan yang dilanjutkan dengan pidato Presiden RI Joko Widodo.

Pembawa acara puncak BBK dalam gladi bersih juga mengungkapkan ada penampilan band legendaris Bandung, Bimbo mempersembahkan lagu saat acara.

Selain penampilan Bimbo, puncak BBK akan diisi dengan pemutaran video singkat perjalanan istri Bung Karno, Fatmawati dalam menemani sang suami menuju kemerdekaan RI.

Dari proses gladi bersih pada Jumat ini memperlihatkan ribuan penari kecak wanita akan tampil saat puncak BBK.

Tampilnya para penari Kecak dari wanita saat gladi bersih menuai sorotan para peserta lain puncak BBK. Satgas Cakra Buana misalnya sampai memotret tarian mereka di area Stadion GBK.
Baca juga: Lebih dari 1.300 kader TMP DKI Jakarta akan merahkan GBK
Baca juga: 3.000 wanita siap meriahkan puncak Bulan Bung Karno dengan tari kecak
Baca juga: Puan sebut adanya kejutan di puncak Bulan Bung Karno 2023
Baca juga: Puan dan Hasto tinjau lokasi puncak Bulan Bung Karno 2023
Baca juga: Ribuan satgas-penari Nusantara berlatih untuk peringatan puncak BBK

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023