Jakarta (ANTARA) - Setelah menapak final tunggal seri pembuka, petenis Indonesia Justin Barki kini melangkah ke babak puncak nomor ganda seri kedua Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023.

Berpasangan dengan petenis Belanda Thiemo de Bakker, Justin/Thiemo menang atas pasangan Jepang Sora Fukuda/ Yuta Kawahashi pada babak semifinal di Lapangan Tenis Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jumat.

Pasangan gado-gado Indonesia-Belanda tersebut memenangi super tie break usai berbagi dua set awal 5-7, 7-6(2), 12-10.

"Laga ini sangat sengit. Saya pikir kami tidak punya banyak kesempatan, terutama di return game. Lawan main apik," kata Thiemo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Saya rasa kami pun sedikit kepayahan di penghujung set kedua. Kami menyelamatkan sampai lima match point lawan. Namun, bagaimanapun juga, kami mencetak beberapa poin krusial," ujar Thiemo yang pernah berada di peringkat satu junior dunia pada 2004.

Begitupun pada super tie break. Justin/Thiemo beberapa kali tertinggal sampai tiga angka. Berada dalam posisi tertekan, mereka tetap optimistis kala mencetak poin demi poin.

"Seperti kata Thiemo sebelum laga, kami tidak boleh menyerah, bahkan bila kami ketinggalan sembilan-satu. Harapan itu masih ada," kata Justin yang mengoleksi delapan gelar ganda ITF.

Baca juga: Justin Barki jadi runner up Harum Energy World Tennis Tour 2023

Secercah harapan muncul kala mereka merenggut dua angka di return game pada kedudukan 08-05. Setelah merapatkan jarak, mereka mampu mengembalikan keadaan dengan mengamankan kedua servis setelahnya 9-8.

"Sebenarnya, di ganda, mau lead seberapa pun tidak pernah aman, ya. Berdasarkan pengalaman Thiemo, kans untuk come back itu selalu ada," ujar Justin.

Usaha untuk mengakhiri laga lebih cepat tidak membuahkan hasil. Pengembalian servis mereka tidak melewati net. Laga baru berakhir selepas berjalan selama satu jam lima belas menit untuk keunggulan mereka. Hasil ini pun memberi final ganda kedua di tahun ini buat Justin.

Pada final, Sabtu (24/6), ganda non unggulan ini akan menantang unggulan ketiga Siddhant Bhantia /Nitin Kumar Sinha. Pasangan asal India itu mengempaskan duet tuan rumah yang menempati unggulan teratas Nathan Anthony Barki /Christopher Rungkat 5-7, 6-4, 10-3.

Dengan demikian, laga puncak ganda akan mempertemukan dua ganda yang sama-sama teruji mentalnya. Tidak hanya hebat secara teknis, kedua pasangan memperlihatkan kemampuan keluar dari tekanan.

"Akan unpredictable lagi seperti hari ini, kita harus siap sama setiap tantangan yang diberikan. Lagi up ataupun down, harus tetap konsisten," ujar Justin.

Baca juga: Rifqi Fitriadi maju ke semifinal tunggal Harum Energy Tennis Seri II

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023