Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas saat  berlangsung kegiatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (24/6).

"Kalau rekayasa kita sangat situasional, pengaturan penjagaan yang kita maksimalkan, " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Latif menjelaskan, diperkirakan ada sekitar 2.000 bus yang menuju GBK khususnya masa dari daerah.

"Bus yang berasal dari wilayah barat kita akan keluarkan ke RSGM Ladokgi TNI AL RE Martadinata dan diarahkan ke Pintu 10 SUGBK, " katanya.

Untuk bus dari arah timur Jakarta akan dialihkan ke Bundaran Senayan. "Begitu juga yang bus arah timur, yakni dari Jawa Timur, Yogyakarta, kami langsung tekuk ke kanan dari Semanggi," kata dia.

"Setelah itu putar balik di Bundaran Lingkaran Senayan, nanti 'drop off' di Pintu 5, Pintu 6 dan Pintu 7," kata dia.

Baca juga: PDIP undang menteri Kabinet Indonesia Maju ke puncak Bulan Bung Karno
Baca juga: Guruh, Puan,Hasto pantau langsung gladi bersih puncak Bulan Bung Karno

 
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat diwawancarai di Jakarta, Selasa (20/6/2023). (ANTARA/Ilham Kausar)
Kepolisian juga menyiapkan kantung parkir untuk bus. Menurut Latif, ada empat kantung parkir yang disediakan.

Kepolisian memaksimalkan agar bus tidak parkir di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Soebroto.

"Untuk parkir yang sudah kita siapkan adalah di Monas, Aldiron, Smesco serta Kemayoran, itu terakhir karena sudah penuh kegiatan," kata dia.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri perayaan puncak Bulan Bung Karno 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6).

"Beliau akan hadir dan berkenan memberikan sambutan pada puncak peringatan Bulan Bung Karno," ujar Hasto kepada awak media usai gladi bersih di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat.
Baca juga: 1.200 kader PDIP Kalbar ke Jakarta hadiri puncak Bulan Bung Karno

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023