Istanbul (ANTARA) - Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Turki melonjak menjadi 4,5 juta orang pada Mei 2023 atau meningkat 16,2 persen secara tahunan (year on year/yoy), kata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki pada Jumat (23/6).

Resor Mediterania Antalya memuncaki daftar destinasi paling populer dengan menerima 1,51 juta pengunjung atau unggul tipis dari Istanbul yang membukukan 1,5 juta pengunjung, kemudian diikuti oleh Provinsi Mugla di kawasan Laut Aegea dan Provinsi Edirne di Turki barat laut, yang masing-masing menerima 380.899 dan 349.123 wisman, menurut data kementerian itu.
 
  


Antalya terkenal dengan pantainya yang indah dan perairannya yang memukau, sementara Istanbul yang membentang di Eropa dan Asia merupakan destinasi wisata populer dengan istana-istana era Ottoman, warisan Bizantium, dan berbagai museum.  

Negara tersebut mempertahankan targetnya untuk menerima 60 juta wisatawan dan menghasilkan pendapatan pariwisata sebesar 56 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.040) pada 2023 terlepas dari bencana gempa bumi dahsyat yang mengguncang awal tahun ini dan pemilihan umum baru-baru ini, kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy kepada harian bisnis Turki, Dunya, pada Jumat.

Wisatawan Rusia menduduki urutan teratas dalam daftar pengunjung, diikuti oleh wisatawan Jerman dan Inggris.

Menurut data itu, sebanyak 14,3 juta wisman mengunjungi Turki antara Januari dan Mei tahun ini.

Sebanyak 51,4 juta wisatawan mengunjungi Turki pada 2022, menghasilkan pendapatan 46,3 miliar dolar AS untuk negara itu.
 
 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023