Yogyakarta (ANTARA) - Inkubator Bisnis Industri (IBI) Politeknik ATK Yogyakarta Kementerian Perindustrian berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan mahasiswa Teknologi Pengolahan Kulit (TPK), Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK), serta Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP) menggelar pameran produk kulit bertajuk “Fashion Show & Leather Product Exhibition” tanggal 23-24 Juni 2023.


“Melalui rangkaian kegiatan ini nantinya, bukan hanya menginspirasi dan menumbuhkan kepercayaan diri bagi mahasiswa dan lulusan Politeknik ATK Yogyakarta saja dalam berkreasi dan berwirausaha namun juga bermanfaat bagi masyarakat Yogyakarta,” kata Direktur Politeknik ATK Yogyakarta Sugiyanto di Yogyakarta, Sabtu.

 

Bertempat di Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) Yogyakarta, Pameran produk kulit itu menjadi kegiatan puncak dari rangkaian roadshow kegiatan IBI “Leather Innofashion Expo 2023.”

 

Sugiyanto mengatakan, Politeknik ATK Yogyakarta akan kolaborasi secara harmonis dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memanfaatkan Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) Yogyakarta.

 

Setelah sukses digelar pada Januari 2023, Leather Product Exhibition kembali dihadirkan pada kegiatan puncak dari rangkaian roadshow kegiatan IBI “Leather Innofashion Expo 2023” bersamaan dengan kegiatan fashion show atau pagelaran busana 2023.

 

Pameran tersebut dimulai tanggal 23 Juni 2023 pukul 09.00 WIB dan diselenggarakan selama dua hari tanggal 23-24 Juni 2023 dengan menampilkan karya dari Tenan Inkubator Bisnis Industri, mahasiswa dan alumni Prodi TPK, TPPK, dan TPKP Politeknik ATK Yogyakarta.

 

Sedangkan kegiatan puncak Fashion Show dengan tajuk “Wastra Purwa Dwipantara” digelar tanggal 24 Juni 2023 pukul 18.15-21.00 WIB.

 

Fashion Show kali ini menampilkan produk Tenan IBI serta produk fesyen kulit yang dirancang  oleh mahasiswa Politeknik ATK Yogyakarta Prodi TPPK pada Mata Kuliah Teknik Busana Kulit.

 

Total busana kulit yang ditampilkan dalam peragaan busana itu  sebanyak 41 desain dan diperagakan oleh 41 orang model.

 

Pada puncak Leather Innofashion Expo 2023 ini juga diumumkan pemenang lomba National Footwear Design Competition 2023 yang telah diselenggarakan dan diseleksi dari April 2023. Pemenang lomba National Footwear Design Competition 2023 meliputi Juara I, Juara II, Juara III, dan Juara Harapan yang telah terpilih dan berkompetisi dengan total 49 desain (peserta) se-Indonesia.

 

Dalam pameran tersebut, para pengunjung yang hadir akan diperkenalkan tentang ruang lingkup desain produk melalui gagasan/ide hingga menjadi sebuah karya, menggali proses kreatif dan problem solving dalam penciptaan dan inovasi produk sehingga dapat dijadikan suatu peluang bisnis untuk berwirausaha.

 

Diharapkan dengan kegiatan pameran dan fesyen show ini insan kreatif khususnya yang ada di Yogyakarta tidak hanya dapat terinspirasi dan termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi pada produk kulit, tetapi juga terbuka wawasan dan pola pikirnya secara positif sehingga berani mengambil langkah sebagai wirausaha.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023