Kita berkomitmen membantu masyarakat Badui agar kehidupan mereka sehat dan tidak terserang berbagai penyakit menular maupun tidak menular
Lebak, Banten (ANTARA) -
Sahabat Relawan Indonesia (SRI) melakukan pengobatan untuk mencegah penyebaran penyakit menular di permukiman Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
 
"Kita berkomitmen membantu masyarakat Badui agar kehidupan mereka sehat dan tidak terserang berbagai penyakit menular maupun tidak menular,"kata Koordinator SRI Muhammad Arif Kirdiat di Lebak, Sabtu.
 
Ia menjelaskan pengobatan dilakukan sistem jemput bola dengan mendatangi perkampungan di kawasan permukiman Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak.
 
"Masyarakat Badui Luar dan Badui Dalam menerima dengan senang hati dan tidak ada penolakan, sehingga pelayanan pengobatan yang dilakukan relawan berjalan lancar," katanya dan menambahkan para relawan juga melibatkan petugas medis terdiri atas tenaga dokter, perawat dan bidan.
 
Selain pengobatan, dalam aksi itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat Suku Badui.
 
Selama ini, kata dia, kasus penyakit tuberkulosis (Tb) di kawasan permukiman Badui kembali melonjak. Bahkan, sejak dua bulan terakhir ini dilaporkan dua orang meninggal dunia dan lima orang dengan kondisi parah.

Ia menjelaskan dari lima orang yang parah itu di antaranya tiga orang warga Kampung Cikeusik, Badui Dalam dengan kondisi terbaring usia 27 tahun dan tidak bisa duduk, apalagi berdiri serta dua orang lainnya batuk darah.

Sedangkan, sebanyak 28 orang sudah menjalani pengobatan intensif yang dilakukan relawan tersebut.
 
"Kami terus mendampingi dan mengawasi bagi penderita Tb agar mematuhi meminum obat selama enam bulan tidak putus agar mereka sembuh total,"kata Arif.
 
Ia mengatakan, pengobatan di permukiman masyarakat Suku Badui melibatkan dokter telemedicine yakni dr Sari Lesatari SpOG, dr Omat Rachmatullah SpOT, serta perawat Arni dan bidan Ira.
 
Mereka adalah tenaga medis yang  tidak kenal lelah, meski kondisi topografinya perbukitan dan pegunungan juga melintasi jalan setapak dengan kiri dan kanan banyak curam.
 
"Kami mengapresiasi tenaga medis itu dengan bekerja keras untuk memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat Badui,"katanya.
 
Menurut dia, pihaknya sebelumnya juga melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat Badui dengan pengecekan darah, kandungan, gigi, stunting hingga edukasi hidup sehat dan bersih. Selain itu juga memberikan pembagian susu, biskuit serta telur bagi balita dan ibu hamil.
 
Kegiatan itu merupakan bakti sosial untuk memberikan kebermanfaatan yang luas bagi masyarakat Badui.
 
"Kami secara optimal terus melakukan pengobatan bagi masyarakat Suku Badui sehingga kehidupan mereka sehat dan berproduktivitas dengan mendirikan posko kesehatan yang lokasinya di Nangerang," kata Muhammad Arif Kirdiat.
 
Sementara itu, sejumlah warga Badui mengaku bahwa mereka sangat terbantu adanya relawan SRI yang konsisten memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan.

"Kami setiap pekan mendatangi posko kesehatan yang berlokasi di Nangerang untuk menerima pengobatan gratis,"kata Naji, seorang warga Badui di Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak.

Baca juga: Puluhan dokter berbagai organisasi layani pengobatan gratis di Badui
 
Baca juga: Anak Badui alami gizi buruk-TB dibawa Sahabat Relawan ke RSUD Banten

Baca juga: Cegah campak, Sahabat Sukarelawan Indonesia buka poskes di Badui

Baca juga: Ibu melahirkan anaknya meninggal warga Badui dikunjungi tim medis SRI


 
 

Pewarta: Mansyur Suryana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023