Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan bantuan sembako bagi keluarga yang terdampak puting beliung di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

"Usai kejadian puting beliung, kami langsung gerak cepat mempersiapkan pasokan sembako untuk para korban," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Riau Hasbi di Tanjungpinang, Sabtu.

Hasbi mengatakan, bantuan sembako untuk korban puting beliung akan dikirim ke Pulau Kasu pada Minggu (25/6) menggunakan kapal laut dari pelabuhan penyeberangan di Kecamatan Belakang Padang.

Menurut dia, paket bantuan sembako yang disiapkan untuk korban puting beliung terdiri atas beras 10 kilogram, mi instan, sarden kaleng ukuran 425 gram, biskuit kaleng ukuran 650 gram, gula pasir satu kilogram, minyak goreng satu liter, susu bubuk ukuran 200 gram, dan kornet daging ukuran 340 gram.

BPBD juga menyiapkan bantuan berupa boks kontainer plastik ukuran 45 liter dan 100 selimut untuk korban puting beliung di Pulau Kasu.

Selain itu, BPBD Kepulauan Riau akan menurunkan tim kaji cepat pasca-bencana guna menilai kerugian dan tingkat kerusakan rumah akibat terjangan puting beliung.

"Setelah itu, baru bisa diambil langkah penanganan pasca-bencana. Untuk tahap awal ini, kita bantu dulu kebutuhan dasar korban, seperti sembako," kata Hasbi.

Mengenai bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat puting beliung, Hasbi mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batam.

"Intinya kita turun dulu ke lokasi kejadian dan melihat kondisi warga yang terkena puting beliung," katanya.

Hasbi menyampaikan bahwa puting beliung yang menerjang Pulau Kasu pada Sabtu (24/6) dini hari telah menyebabkan setidaknya 83 rumah warga rusak.

Menurut data BPBD, rumah warga yang rusak karena diterjang puting beliung tersebar di beberapa lingkungan rukun tetangga (RT).

Di lingkungan RT 03 ada 34 rumah warga yang rusak akibat puting beliung. Perinciannya, 17 rumah rusak ringan, satu rumah rusak sedang, dan 16 rumah rusak berat.

Selain itu, puting beliung menyebabkan tiga rumah rusak ringan dan dua rumah rusak berat di lingkungan RT 02.

​​​​​​​Di lingkungan RT 01, menurut data BPBD, ada 44 rumah warga yang rusak karena diterjang puting beliung. Perinciannya, 12 rumah rusak ringan, lima rumah rusak sedang, dan 27 rumah rusak berat.

"Jadi, total yang terdampak 83 unit rumah dengan perincian 32 unit rusak ringan, enam unit rusak sedang, dan 45 unit rusak berat," demikian Hasbi.

Baca juga:
Puting beliung menyebabkan setidaknya 88 rumah rusak di Pulau Kasu
​​​​​​​
Kabupaten Bandung cek kondisi rumah yang diterjang puting beliung

Pewarta: Ogen
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023