Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mendirikan dapur umum untuk korban angin puting beliung yang terjadi di Pulau Kasu, pada Sabtu (24/6) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Kota Batam Leo Putra menyampaikan selain mendirikan dapur umum, pihaknya juga menyediakan tenda pengungsian dan posko tanggap bencana untuk membantu warga Pulau Kasu yang terdampak dari bencana angin puting beliung.

"Sudah dilakukan pendataan, jadi didirikan posko bencana oleh Pemkot Batam, kemudian untuk tanggap darurat pertama itu kita buka dapur umum untuk kebutuhan pangan korban yang terdampak selama 3 hari ke depan," kata Leo saat dihubungi di Batam, Ahad.

Setelah melakukan aksi tanggap darurat dengan mendirikan dapur umum selama tiga hari, Dinsos akan menyiapkan bantuan sembako untuk 7 hari yang dibagikan kepada korban angin puting beliung.

Baca juga: BPBD siapkan bantuan sembako untuk korban puting beliung di Batam

Baca juga: Puting beliung menyebabkan setidaknya 88 rumah rusak di Pulau Kasu


Ia menjelaskan berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 45 rumah dengan kondisi rusak berat, 33 rumah rusak ringan, enam rumah lainnya rusak sedang dan 83 kepala keluarga terdampak bencana angin puting beliung.

"Biasanya mereka yang terdampak akan mengungsi di tenda-tenda sementara yang disiapkan oleh Dinsos, ada juga yang di masjid atau ke rumah saudara atau tetangga yang tidak rusak rumahnya," ujar dia.

Diberitakan, terjangan puting beliung menyebabkan setidaknya 88 rumah warga rusak di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu sekitar pukul 02.00 WIB.

"Sebanyak 88 rumah rusak, 45 di antaranya rusak parah dan tidak bisa ditinggali kembali. Warga memilih mengungsi ke rumah saudara agar lebih aman," kata Camat Belakang Padang Yudi Admadjianto saat dihubungi dari Kota Batam pada Sabtu.

Menurut Yudi, rumah warga yang rusak parah karena kena terjangan puting beliung sebagian besar berada di tepi laut.*

Baca juga: Puluhan rumah di Pulau Kasu Batam rusak diterjang puting beliung

Baca juga: Puluhan rumah di dua kelurahan Belinyu diterjang puting beliung

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023