Kami selalu memonitor kabut asap dan meningkatkan komunikasi juga koordinasi dengan BMKG dan Airnav, sehingga bisa mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu jadwal penerbangan
Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - Stakeholder Relation Manager Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmad Zulfian Noor mengatakan kabut asap, yang menyelimuti sejumlah wilayah di Kota Banjarbaru, tidak mengganggu penerbangan.

"Jadwal penerbangan normal, tidak ada penundaan keberangkatan pesawat akibat kabut asap," ujarnya di Banjarbaru, Kalsel, Sabtu.

Menurut Zulfian, meskipun wilayah Banjarbaru diselimuti kabut asap khususnya di kawasan Kecamatan Landasan Ulin, Sabtu pagi, termasuk di area bandara, tetapi jarak pandang masih relatif normal.

Ia menyebutkan jarak pandang di area bandara khususnya landasan pacu (runway) masih normal mencapai 1,5 kilometer, sehingga memenuhi syarat bagi pesawat untuk melakukan terbang.

"Jarak pandang di landasan pacu normal mencapai 1,5 kilometer, sehingga keberangkatan pesawat lancar tanpa hambatan dan semua penerbangan pesawat pagi sesuai jadwal keberangkatan," ucapnya.

Zulfian menambahkan penerbangan pada Sabtu pagi dari Bandara Syamsudin Noor mulai pukul 06.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita berjalan lancar yakni tiga penerbangan tujuan Jakarta dan tiga penerbangan ke Surabaya.

Menurut dia, sebagai antisipasi kabut asap yang bisa mempengaruhi jadwal penerbangan, telah dilakukan komunikasi dan koordinasi lebih intensif dengan pihak terkait seperti BMKG, AirNav maupun pihak terkait lainnya.

"Kami selalu memonitor kabut asap dan meningkatkan komunikasi juga koordinasi dengan BMKG dan Airnav, sehingga bisa mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu jadwal penerbangan," ujarnya.

Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah juga mengatakan pihaknya belum mendapat informasi terkait gangguan maupun penundaan penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin akibat kabut asap.

"Kami belum menerima informasi terkait gangguan atau penundaan penerbangan akibat kabut asap. Jadi, penerbangan normal, meskipun kabut asap menyelimuti seluruh area bandara," katanya.

Dikatakan, kawasan Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin yang terletak di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, masuk dalam area ring satu kebakaran hutan dan lahan.

"Bandara Syamsudin Noor masuk ring satu karhutla di Provinsi Kalsel, sehingga sekecil apapun kebakaran yang terjadi di area cakupan bandara, akan menjadi fokus perhatian utama untuk dipadamkan," katanya.

Bandara Syamsudin Noor dikelilingi kawasan rawan karhutla baik di Kecamatan Landasan Ulin maupun Liang Anggang, sehingga jika terjadi karhutla berpotensi kabut asap yang menyelimuti bandara dan mengganggu jadwal penerbangan.

Sementara itu, Plh Kalaksa BPBD Kalsel Bambang Dedi Mulyadi mengatakan pihaknya terus meningkatkan pengawasan dan penanganan bencana kabut asap akibat karhutla yang melanda sejumlah wilayah di Kalsel.

"BPBD Kalsel terus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota untuk menanggulangi karhutla," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya juga berkoordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat dan juga para relawan dalam rangka bekerja sama mengatasi karhutla.

BPBD Kalsel melakukan berbagai upaya untuk menangani karhutla di Kalsel yang hingga saat ini telah melanda sekitar 132 hektare.

Baca juga: BPBD: Karhutla landa 132 hektare di Kalimantan Selatan
Baca juga: BPBD Kalsel tunggu 10 helikopter dari BNPB atasi karhutla
Baca juga: Bandara Syamsudin Noor dilintasi 117.383 penumpang hingga H+4 Lebaran

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023