... sangat menakjubkan, hanya dalam tiga tahun kami menjadi partai terbesar di Italia... "
Roma (ANTARA News) - Partai 5-Star Movement yang didirikan pelawak Italia, Beppe Grillo, secara mengejutkan berhasil mengalahkan perolehan suara partai-partai tradisional dalam pemilu Italia.

Pada minggu-minggu sebelumnya memang sudah diperkirakan Grillo akan mendapatkan kemajuan mengesankan dalam pemilu; namun tidak satupun pengamat berani memprediksi 5-Star Movement akan memperoleh lebih dari 25 persen suara.

"Ini sangat menakjubkan, hanya dalam tiga tahun kami menjadi partai terbesar di Italia," kata Grillo.

Grillo dan partainya memperjuangkan referendum menentukan apakah Italia akan bertahan dalam zona mata uang euro. Selain itu, dia juga ingin mengebiri hak-hak istimewa politisi, menetapkan pendapatan minimum untuk pengangguran, pengadaan energi bersih dan internet gratis.

"Dampak dari kesuksesan Grillo ini melampaui Italia, keberhasilannya menunjukkan perubahan dan partai-partai tradisional harus memperhitungkan gerakan ini dengan serius," kata lembaga analis politik yang berkantor di London, Demos.

Grillo sekarang memegang kunci terhadap pembentukan pemerintah baru di negara dengan ekonomi terbesar ketiga di zona euro itu.

Perkiraan hasil perolehan suara menunjukkan bahwa 5-Star Movement saat ini unggul tipis satu persen dari partai yang sebelumnya terbesar di Italia, Democratic Party yang berhaluan kanan tengah, dengan 26 persen suara.

Dengan perolehan suara tersebut, 5-Star Movement akan mendapatkan 110 kursi dari total 630 di Dewan Perwakilan Rakyat (majelis rendah) dan 64 dari 315 kursi di Senat.

Para kandidat anggota dewan dan senat 5-Star dipilih melalui pemilu awal di jaringan internet. Mereka sebagian besar orang yang sama sekali baru dalam politik di semua tingkatan dan berasal dari kalangan muda.

Rata-rata usia empat wali kota yang berasal dari 5-Star Movement adalah 31 tahun, sangat kontras dengan budaya gerontokrasi di dunia politik Italia.

Grillo sendiri tidak maju sebagai kandidat karena pernah tersangkut kasus kriminal pada 1981 dalam kecelakaan berkendara.

Sebagai seorang blogger terkenal, Grillo tidak pernah muncul dalam dialog politik dan melarang kandidat dari partainya untuk melakukan hal itu agar tidak terjebak menjadi zombie seperti kandidat dari partai tradisional.

Kemajuan 5-Star Movement, yang mengorganisasi diri melalui internet dan jejeraing sosial, merupakan kemajuan yang spektakular.

Dalam ujian politik pertamanya pada 2010, mereka hanya mendapat 1,8 persen suara dan kemudian meningkat menjadi 3,4 persen dalam pemilu wali kota Milan tahun selanjutnya. Dan tahun ini, mereka mendapat kepercayaan lebih dari seperempat total pimilih di Italia.

(G005)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013