kondisi kesehatannya sudah mulai bagus
Ternate (ANTARA) - Tiga anak balita penderita gizi buruk. yang berasal dari tiga daerah berbeda di Provinsi Maluku Utara (Malut) sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoerie Ternate untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

"Ketiga anak masih dalam menjalani perawatan di ruang anak, karena mengalami penderita gizi buruk, tetapi kondisi kesehatannya sudah mulai bagus," kata Kepala Ruang Perawatan Anak RSUD Chasan Boesoerie Ternate, Sriwijiyati saat dikonfirmasi ANTARA di Ternate, Sabtu.

Ketiga anak itu yakni Bara Arkana Ruslan (1 tahun 5 bulan) dari Kelurahan Fitu, Kota Ternate, Eci Gasela Taleb (2 tahun 2 bulan) dari Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara dan Fadel Suharman (8 bulan) dari Desa Ekor, Kabupaten Halmahera Timur.

Dia mengatakan, kondisi perkembangan mereka makin baik, setelah mereka mendapatkan asupan makanan dan susu sesuai anjuran dari t
Tim Gizi yang melakukan perawatan.

Baca juga: Bayi gizi buruk di Yahukimo dijemput untuk perawatan di RSUD Wamena
Baca juga: Pejaten Barat dan komunitas berhasil bebaskan 10 anak dari gizi buruk
​​​​​​

Dia menjelaskan, balita penderita gizi buruk itu ditangani secara intensif oleh dokter, sehingga berat badan ketiga anak ini sudah mulai meningkat dan perkembangan kesehatan mereka pun sudah baik.

Sementara itu, para orang tua anak penderita gizi buruk mengaku mereka tidak memiliki biaya untuk pengobatan anak mereka, tetapi atas dorongan dan bantuan masyarakat setempat akhirnya anak mereka bisa berobat ke rumah sakit

Para orang tua mengaku jika mereka berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu sehingga tidak punya kemampuan untuk terus memberikan makanan bergizi pada anak-anak mereka.

Baca juga: Lima balita alami gizi buruk di Batam meninggal pada 2022
Baca juga: Unicef gelar lokakarya penanganan gizi buruk terintegrasi
Baca juga: Anak Badui alami gizi buruk-TB dibawa Sahabat Relawan ke RSUD Banten


​​​​​​

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023