Jakarta (ANTARA) - Dewa United Banten sukses mengatasi perlawanan sengit Bumi Borneo Pontianak dalam pertandingan terakhir play-off di BRItama Arena, Jakarta Sabtu.

Dewa United yang sempat unggul 17 poin dapat terkejar Bumi Borneo di kuarter keempat, namun tim asuhan Santiago Daniel Rimoldi mampu mengunci kemenangan dengan skor tipis 78-77.

Di kuarter pertama, Dewa United sudah tampil dominan dengan unggul 12-2 pada interval pertama lalu menutup kuarter dengan keunggulan lima poin dengan skor 16-11.

Memasuki kuarter kedua, Dewa United tak mengendurkan permainan dan semakin unggul jauh 42-29.

Baca juga: Dewa United curi kemenangan dari Bima Perkasa

Aksi pemain Dewa United Anthony Johnson di awal kuarter ketiga memperlebar jarak 17 poin usai dirinya mencetak empat poin. Kendali permainan masih dikuasai Dewa United hingga akhir kuarter ketiga dengan skor 60-48.

Baru di kuarter keempat, Bumi Borneo bermain agresif dan lebih dominan menyerang dengan memanfaatkan momentum kelengahan Dewa United.

Perlahan Bumi Borneo dapat memangkas margin dua digit poin melalui aksi back-to-back tembakan tiga poin Randy Bell. Kejar mengejar terjadi antara Dewa United dengan Bumi Borneo.

Di akhir kuarter keempat, kapten Dewa United Kaleb Ramon Gemilang menjadi penentu kemenangan dengan mencetak dua poin melalui free throw usai dilanggar pemain Bumi Borneo Julius Wongso.

Baca juga: Satria Muda menang atas Bumi Borneo hingga overtime

"Pertandingan yang bagus, begitu emosional dan kami berhasil menang. Kami sangat senang dengan hasil ini," kata pelatih Dewa United Santiago Daniel Rimoldi kepada pewarta.

Secara terpisah Kaleb Ramot Gemilang mengatakan bahwa timnya mempunyai pekerjaan rumah untuk mengatasi pertandingan-pertandingan yang ketat di babak play off.

"Nanti di babak play off pasti game-game seperti ini tensinya. Terus bersyukur tadi kami bisa belajar lagi di game ketat itu, kami bisa menang di gamenya," kata Kaleb Ramot Gemilang.

Sementara itu pelatih Bumi Borneo Tondi Raja Syailendra mengungkapkan bahwa timnya terlambat panas meski telah mencapai rata-rata skor per pertandingan yang biasanya dijalani.

"Game hari ini kami jelas terlambat panas. Sebenarnya ini mendekati average golnya Bumi Borneo cuma memang masih di bawah, kami juga terlalu banyak membuang bola," kata Tondi Raja Syailendra.

Di babak play-off Dewa United akan bertemu dengan Rans PIK. Sementara Bumi Borneo dipastikan bakal melawan Prawira Harum Bandung

Baca juga: Prawira beri kekalahan terakhir untuk West Bandits

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023