diduga tenggelam saat hendak pulang usai mencari ikan di perairan Kepulauan Seribu
Tangerang (ANTARA) - Tim SAR gabungan dikerahkan mencari seorang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Raja Muda Jaya yang diduga tenggelam di perairan Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu.

"Korban atas nama Tommy Ade Putra, korban tercebur kurang lebih beberapa mil dari daratan di wilayah Kabupaten Tangerang," kata Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR Fazzli di Tangerang, Sabtu.

Ia menyebutkan, berdasarkan keterangan saksi saat itu melihat korban dalam keadaan kejang, kemudian tercebur ke laut perairan Kepulauan Seribu.

Kemudian, mengetahui lah tersebut, rekan korban yang melihat langsung berusaha mencari korban. Namun, tidak berhasil menyelamatkannya.

"Korban diduga tenggelam saat hendak pulang usai mencari ikan di perairan Kepulauan Seribu," tuturnya.

Baca juga: ABK kapal keruk tewas tenggelam di Makassar ditemukan SAR gabungan
Baca juga: Basarnas cari ABK asing asal Myanmar yang tenggelam di Kuala Jambi


Selanjutnya, kata dia, rekan korban sesaat kejadian berupaya menghubungi Kantor SAR Jakarta, untuk membantu proses pencarian korban yang tenggelam ke laut tersebut.

Ia mengungkapkan, dalam upaya melakukan pencarian, tim SAR gabungan langsung penyisiran di sekitar lokasi kejadian hingga radius 2 NM (Nautica Miles) menggunakan perahu karet dan kapal nelayan.

"Kita juga menyebarkan informasi mengenai kejadian ini kepada para kapal nelayan yang melintasi perairan tersebut, apabila menemukan tanda-tanda korban agar menghubungi kita," ujarnya.

Ia menambahkan, pencarian terhadap korban melibatkan unsur SAR gabungan terdiri dari Kantor SAR Jakarta, Pos TNI AL Pelabuhan Cituis, KSOP Cituis, nelayan serta masyarakat setempat.

Baca juga: Basarnas Palembang cari ABK yang hilang di laut Bangka
Baca juga: Basarnas Bali hentikan pencarian sembilan ABK KM Linggar Petak 89
Baca juga: Tim SAR selamatkan ABK KM Baruna Jaya tenggelam di laut Lombok

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023