Kami telah memberi usul. Sekarang kami menunggu reaksi Iran mengenai itu,"
Almaty (ANTARA News) - Uni Eropa berharap melihat Iran "memperlihatkan keluwesan" dalam pembicaraan mendatang yang diselenggarakan di Almaty mengenai masalah nuklir Iran, kata seorang pejabat perhimpunan itu pada Selasa.

"Kami telah memberi usul. Sekarang kami menunggu reaksi Iran mengenai itu," kata Juru Bicara Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton, Michael Mann, kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam-- selama satu taklimat.

Pembicaraan Selasa tersebut dihadiri oleh wakil Iran, Uni Eropa dan apa yang disebut kelompok P5+1 --Amerika Serikat, Inggris, China, Prancis, Rusia ditambah Jerman.

"Semuanya telah bergerak, kemajuan telah dicapai. Namun, kami benar-benar berharap melihat Iran memperlihatkan keluwesan dan kemudian kami dapat bergerak maju," kata Mann ketika ditanya mengenai harapan Uni Eropa tentang pembicaraan itu.

Uni Eropa menduga tak ada kesepakatan yang dicapai, tapi "kami berada di sini bukan cuma untuk berbicara demi pembicaraan", ia menambahkan.

Pembicaraan tersebut diperkirakan berlangsung selama dua hari.
(C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013