Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur dan Tim Penggerak PKK Surabaya akan mendirikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) sebagai upaya pencegahan stunting di 153 kelurahan.

"Insya Allah, kami akan bentuk SOTH di 153 kelurahan yang tersebar di 31 kecamatan di Surabaya," kata Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Surabaya Rini Indriyani saat mengunjungi Bina Keluarga Balita (BKB) Harapan Bangsa Karangpoh, Tandes, Surabaya, Minggu.

Menurut dia, saat ini di Surabaya sudah ada lima SOTH BKB) meliputi BKB Harapan Bangsa Karangpoh, Tandes, BKB Pucang Kencana Pucang Sewu, Gubeng, BKB Kuncup Teratai Kapasari, Genteng, BKB Puspa Hati Nginden Jangkungan, Sukolilo, dan BKB Dahlia Indah Sawunggaling, Wonokromo.

Pelaksanaan SOTH di Kota Surabaya juga telah dilengkapi dengan kurikulum pendidikan, silabus, pemetaan instruktur, rencana kegiatan pembelajaran, perangkat monitoring, jurnal, absensi peserta, absensi pengelola, buku tamu, hingga mars SOTH.

Baca juga: Wali Kota Eri: Program Surabaya Bergerak ikut entaskan anak stunting

Menurut dia, SOTH berfungsi untuk membangun komitmen dalam berkomunikasi antara orang tua dengan anak, yakni memberikan program intensif kepada orang tua balita yang sebagian besar adalah generasi milenial.

Rini mengatakan, penyebab terjadinya stunting tidak hanya mengenai persoalan ekonomi, penyakit bawaan, maupun kurangnya mengkonsumsi makanan bergizi, melainkan juga disebabkan oleh kurang tepatnya pola asuh pada anak.

Oleh sebab itu, SOTH merupakan sekolah pengasuhan untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengasuh balita, khususnya agar lebih memahami kebutuhan psikologis anak.

"Jadi, saat orang tua mengikuti SOTH, mereka belajar dan mendapat materi. Di sisi lain, anak-anak mereka bisa bermain untuk melatih gerak motoriknya, tentunya dengan pendampingan dari kami," kata istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi itu.

Baca juga: Program Posyandu Prima Surabaya jadi percontohan nasional

Menurut dia, dengan adanya SOTH, balita diharapkan bisa merasa betah selama menunggu orang tua mereka belajar. Ia mencontohkan, ketika orang tua belajar, balita dapat bermain trampolin, jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, hingga berenang. Setelah itu, balita mendapat makanan bergizi, seperti susu maupun makanan bergizi lainnya.

"Seluruh warga Surabaya bisa mengakses SOTH. Bahkan, sekarang Balai RW sudah diperbaiki, sehingga bisa mensinergikan ini di masing-masing Balai RW," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa para peserta SOTH terdiri atas orang tua yang memiliki anak balita. Para orang tua tersebut berkomitmen untuk mengikuti 13 pertemuan.

Oleh sebab itu, ia berencana mensinergikan SOTH dengan beberapa program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif.

Baca juga: Ribuan orang tua ikuti sosialiasi pemantapan wawasan pola asuh anak

"Nanti juga ada wisudanya. Jadi, diperlukan komitmen bahwa dalam 13 kali pertemuan tidak boleh absen," kata Rini yang juga Ketua Bunda PAUD Surabaya.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023