Agenda seni, budaya dengan nilai-nilai historis khas destinasi heritage, menjadi aktivitas wisata yang menarik untuk dinikmati....
Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menghadirkan program "Kumpul Bocah" di destinasi taman wisata candi untuk memeriahkan musim liburan sekolah pada Juni-Juli 2023.

"Pada musim liburan kali ini, anak usaha Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang biasa disebut InJourney ini menghadirkan program liburan seru 'Kumpul Bocah'," kata Direktur Pemasaran, Pelayanan, dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, program liburan seru "Kumpul Bocah" ini dilaksanakan di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko, serta Teater dan Pentas Ramayana Prambanan, dari 23 Juni sampai 20 Juli 2023.

"Agenda seni, budaya dengan nilai-nilai historis khas destinasi heritage, menjadi aktivitas wisata yang menarik untuk dinikmati. Wisatawan tidak hanya merasakan kegembiraan dalam berekreasi, namun juga mendapatkan experience value yang tak terlupakan, menghadirkan kesan yang mendalam," katanya.

Baca juga: TWC selenggarakan Dharma Yoga di Candi Keraton Ratu Boko

Ia mengatakan, PT TWC menyediakan ruang bagi wisatawan untuk menciptakan momen bersama keluarga untuk mengisi liburan sekolah. Aktivitas yang bisa dinikmati adalah kegiatan budaya dan sejarah di Borobudur, seni dan sosial di Prambanan, serta bersantai menikmati keindahan alam Ratu Boko.

"Destinasi Taman Wisata Candi Borobudur mengusung konsep Culture and History, menyuguhkan Workshop 'Jataka' pada 26 Juni sampai 9 Juli 2023 yang berlokasi di area Museum Kapal Samudraraksa," katanya.

Kumpul Bocah di Borobudur Memasuki Dunia Jataka hadir dalam empat tema kegiatan, yaitu Workshop membatik dan Gerabah, Workshop Mewarnai Topeng dan Payung, Story Telling dan Membuat Wayang Jataka, serta Dolanan Anak.

Kemudian Destinasi Taman Wisata Candi Prambanan mengusung konsep Art and Social, menyuguhkan Pasar
Medang Prambanan Nyawiji pada 30 Juni sampai 16 Juli 2023 yang berlokasi di selatan Museum Prambanan.

"Ragam kegiatan dilengkapi dengan Dolanan Anak Tradisional, Pertunjukan Musik Anak, dan Junior Archaeologist," katanya.

Baca juga: TWC menghibahkan tiga gajah Borobudur ke Gembira Loka Zoo Yogyakarta

PT TWC juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman serta SMA Kalasan menghadirkan pentas kesenian siswa pada 30 Juni sampai 16 Juli 2023, yang berlokasi di area Pasar Medang Prambanan Nyawiji.

"Pentas kesenian siswa tersebut meliputi Performance Wayang Orang, Wayang Dalangan (Wayang Topeng), dan Wayang Kulit," katanya.

Hetty Herawati mengatakan, untuk memanjakan wisatawan di bidang kuliner, PT TWC juga menghadirkan "Serbu" (Serba Sepuluh Ribu) Package, yang menyuguhkan jajanan khas anak-anak dengan harga merakyat.

"Paket 'Serbu' ini dapat dinikmati selama masa Liburan Sekolah Kumpul Bocah periode 23 Juni sampai 20 Juli 2023," katanya.

Ia mengatakan, untuk destinasi Taman Wisata Keraton Ratu Boko mengusung konsep Leisure, menyuguhkan Pasar Medang Ratu Boko Nyawiji pada 23 Juni sampai 20 Juli 2023 yang berlokasi di Loading Dock Area Ratu Boko.

"Kegiatan dilengkapi dengan Dolanan Anak Tradisional, dan Kesenian Tradisional. Sama halnya dengan Prambanan, PT TWC juga menghadirkan 'Serbu' Package, yang menyuguhkan jajanan khas anak-anak dengan harga merakyat. Paket ini dapat dinikmati selama masa Liburan Sekolah Kumpul Bocah periode 23 Juni sampai 20 Juli 2023," katanya.

Sementara itu, destinasi Teater & Pentas Ramayana Prambanan juga mengusung konsep Art and Social menghadirkan Girli Piknik Hadangan Harang pada 26 Juni sampai 20 Juli 2023, yang berlokasi di Deck Panggung Kinnara Kinnari Riverside Teater Pentas.

"Dengan bandrol harga Rp120.000 per pax, wisatawan dapat menikmati Live Cooking 'Bebakaran' dan suguhan minuman tradisional, sambil menikmati keindahan view Candi Prambanan di waktu senja," katanya.

Baca juga: Sepasang gajah Borobudur dihibahkan ke Semarang Zoo

Program Liburan Seru Kumpul Bocah ini, kata dia, PT TWC menggandeng komunitas UMKM di sekitar kawasan. Aneka jajanan istimewa, dari tradisional hingga kudapan kekinian, dihadirkan dengan harga terjangkau.

"Berbagai produk unggulan dari UMKM lokal dan pedagang kios wisata ini dikurasi dan disajikan kepada wisatawan melalui langgam khas Pasar Medang Nyawiji, pasar otentik yang hadir di destinasi PT TWC. Pasar Medang Nyawiji menghadirkan semangat lokalitas untuk hadirkan produk dan layanan berkualitas," katanya.

Menurut dia, liburan sekolah ini merupakan momentum untuk mengenalkan beragam atraksi dan paket wisata yang menarik bagi wisatawan, terutama di kalangan anak-anak dan juga keluarga.

"Kami hadirkan destinasi yang ramah anak, melalui atraksi yang menghibur, edukatif serta memberikan ruang untuk berkreasi bersama keluarga dan sahabat tercinta," katanya.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023