Hal ini kami berkaca dari kunjungan wisatawan pada libur Natal dari 23 hingga 26 Desember 2023 yang jumlah wisatawan meningkat hingga 68 persen
Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menambah loket penjualan tiket di destinasi wisata candi yang dikelolanya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan wisatawan pada liburan Tahun Baru 2024.

"Hal ini kami berkaca dari kunjungan wisatawan pada libur Natal dari 23 hingga 26 Desember 2023 yang jumlah wisatawan meningkat hingga 68 persen," kata VP of Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto di Kantor Pusat PT TWC Sleman, Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, penambahan loket tiket destinasi dilakukan untuk meminimalisir adanya penumpukan wisatawan di pintu masuk wisatawan.

"Puluhan petugas pelayanan juga dikerahkan untuk membantu alur kunjungan yang tertib, aman dan nyaman saat kunjungan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan penambahan jumlah lahan parkir di kawasan destinasi maupun bekerja sama dengan pemerintah desa dan warga sekitar destinasi.

"Ini untuk antisipasi jika lahan parkir kendaraan di area destinasi tidak mampu menampung lagi," katanya.

Suhartanto mengatakan, kunjungan wisatawan ke destinasi TWC periode 23 hingga 26 Desember 2023 mencapai 134 ribu wisatawan. Adapun jumlah kunjungan wisatawan tertinggi yaitu Candi Prambanan dengan 76 ribu kunjungan, Candi Borobudur 53 ribu kunjungan, dan Ratu Boko 5.000 kunjungan.

"Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 68 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan tahun lalu pada periode yang sama. Akses mobilitas wisatawan yang lebih mudah karena dibukanya jalur fungsional tol Jogja-Solo diperkirakan menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata ke destinasi TWC," katanya.

Ia mengatakan, untuk pertunjukan Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang pada periode yang sama, tercatat ditonton sebanyak 1.300 wisatawan.

"Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan penambahan jumlah jadwal pertunjukan Sendratari Ramayana dan pertunjukan Roro Jonggrang," katanya.

Dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan tertib di destinasi, PT TWC menggandeng satuan pengamanan, baik dari Polri maupun TNI untuk membantu suasana berwisata yang aman, nyaman dan kondusif.

Menurut dia, di kawasan destinasi, petugas kepolisian juga bersiap dalam mengatur alur lalu lintas yang tersendat akibat padatnya arus wisatawan yang datang. Kolaborasi ini dihadirkan untuk mendukung terciptanya suasana berwisata yang nyaman dan menyenangkan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah turut membantu dalam kelancaran masa libur Natal 2023 ini. Tugas kami belum selesai. Namun, kami yakin libur akhir tahun kali ini bisa berjalan dengan lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: PT TWC dukung pelaksanaan Pabbajja Samanera di Borobudur
Baca juga: TWC hadirkan "Blessing in Harmony" sambut libur Natal dan Tahun Baru

 
Wisatawan yang berkunjung di destinasi Taman Wisata Candi Ratu Boko pada libur Natal 2023. ANTARA/HO-PT TWC

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023