Jambi (ANTARA) - Musyawarah Daerah II Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jambi, Ahad, memilih jurnalis harian Kompas Irma Tambunan dan fotografer ANTARA Wahdi Septiawan untuk memimpin PFI pada empat tahun ke depan.

Hasil Musda itu Pengurus periode 2023-2026 diketuai Irma Tambunan dan Wahdi Septiawan dari Antara Foto akan menjabat sebagai Sekretaris. Musda II juga menjadi ajang untuk merekomendasikan dan mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilakukan selama masa kepemimpinan sebelumnya.

Sebagai upaya mewujudkan kolaborasi yang kuat, PFI Jambi telah didirikan pada 2021 untuk merangkul para jurnalis foto dan jurnalis yang mencintai foto jurnalistik. Organisasi ini bertujuan untuk memajukan perkembangan foto jurnalistik Jambi, serta mempererat hubungan dengan komunitas-komunitas adat di wilayah tersebut.

Pameran foto jurnalistik ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Baca juga: PFI gelar pameran foto Kilas Pitulas, kenang gempa Yogya-Jateng 2006

Baca juga: Tiga fotografer ANTARA raih Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2022


Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jambi dengan semangatnya yang membara dalam memajukan foto jurnalistik Jambi menggelar pameran foto jurnalistik bertema "Masyarakat Adat di Tengah Perubahan Iklim".

Pameran Foto Jurnalistik ini bertujuan untuk mengangkat kehidupan, perjuangan, tantangan, dan harapan komunitas adat di Jambi dalam menghadapi dampak perubahan iklim. Komunitas pedalaman hutan seperti Orang Rimba, Talang Mamak, dan Batin Sembilan, serta komunitas perairan Suku Duano, merupakan poin fokus dalam pameran ini.

Keempat komunitas tersebut berjuang keras untuk menjaga iklim dan merupakan kelompok yang paling rentan terdampak.

Irma, Ketua PFI Jambi baru terpilih mengungkapkan,l potret-potret inilah yang ingin disuarakan lewat visual. Kami berharap pameran ini dapat memperlihatkan kepada masyarakat luas perjuangan dan ketahanan komunitas adat di Jambi dalam menghadapi perubahan iklim.

Selain pameran foto jurnalistik, rangkaian acara ini juga akan melibatkan kegiatan fellowship coaching dan hunting foto bersama di komunitas Orang Rimba.

Pameran juga akan dimeriahkan oleh lomba foto, seminar dan diskusi, pameran hasil karya anak-anak muda di komunitas adat, serta penjualan foto yang sebagian hasilnya akan dialokasikan untuk mendukung jurnalisme warga di pedalaman.

PFI Jambi berharap seluruh rangkaian acara ini dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi para jurnalis foto, komunitas adat, serta masyarakat Jambi secara keseluruhan.

Para peserta PFI Jambi berharap dengan adanya Musda II ini, akan tercipta kepengurusan yang lebih solid dan efektif dalam memajukan foto jurnalistik Jambi.

Sementara itu, Dewan Penasehat PFI Jambi, M Ridwan mengucapkan selamat kepada ketua dan sekretaris terpilih dan berharap di bawah komando pengurus yang baru, PFI Jambi bisa semakin eksis dan memberikan kontribusi untuk Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus baru PFI Jambi. Semoga dapat bekerja maksimal dan memberikan kontribusi positif untuk Provinsi Jambi ke depan,” katanya.

M Ridwan juga menyakini di bawah pimpinan Irma Tambunan dan Wahdi Septiawan, akan banyak program-program positif yang terbarukan. Terlebih keduanya merupakan jurnalis dan fotografer handal yang memiliki jaringan luas dan selamat bertugas dan memberikan kontribusi bagi PFI Jambi.*

Baca juga: PFI Bandung peringati 2 tahun pandemi lewat pameran foto "731"

Baca juga: PFI dorong sinergi polisi dan jurnalis demi tekan kasus intimidasi


Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023