... menawarkan diri menyalurkan daging kualitas satu dengan pesawat kargo kami... "
Jakarta (ANTARA News) - PT Merpati Nusantara Airlines dan PT Pos Indonesia (Persero) melalui kerja sama layanan kargo udara siap mendistribusikan daging ke wilayah Indonesia timur agar penyebarannya merata. Ini peluang baru bisnis?

"Jika selama ini daging dari sentranya di Jawa sulit didistribusikan secara merata ke wilayah Indonesia timur, kami menawarkan diri menyalurkan daging kualitas satu dengan pesawat kargo kami," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), I Ketut Mardjana, di Jakarta, Rabu.

"Kalau daging kualitas kedua bisa melalui angkutan laut yang juga kami layani," katanya.

Ia mengatakan pihaknya bersama PT MNA telah menandatangani perjanjian kerja sama mengembangkan layanan kargo udara, khususnya wilayah Indonesia Timur.

Mulai April 2013, dua BUMN segera menerangkan pesawat kargo yang diberi nama Oranye yang akan mengangkut logistik itu.

Kedua BUMN itu bekerja sama di bidang kargo udara karena keduanya melihat bidang itu memiliki beberapa peluang besar di antaranya pasar yang luas dengan pertumbuhan sembilan persen dengan perkiraan bisnis 2012 mencapai Rp152,1 triliun.

Selain itu peluang pasar logistik tersegmentasi meliputi manufaktur 60 persen, pedagang besar 20 persen, eceran 10 persen, dan lainnya 5 persen dengan pangsa pasar di luar Jawa sebesar 39 persen dengan kompetisi hanya 30 persen.

Kargo udara juga memiliki potensi pasar logistik udara di wilayah timur yang tumbuh tinggi terutama perishable cargo dan agro cargo yang bernilai tinggi tetapi belum ada operator logistik sebagai konsolidator serta kurang memadainya sarana angkutan logistik darat.

(H016/N002)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013