Jakarta (ANTARA) - Mantan pebulu tangkis nasional Debby Susanto mengatakan AEON Mall Badminton Cup 2023 dapat menjadi ajang untuk mencari bibit pebulu tangkis potensial.

Debby hadir di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta, Minggu untuk menyaksikan sekaligus memotivasi pebulu tangkis berusia 8-12 tahun. Dia juga turut memberikan masukan dalam sesi tanya jawab dan turut melakoni fun match bersama Berry Angriawan.

"Kegiatan seperti ini bagus sekali dan antusiasnya sangat ramai. Kegiatan seperti ini jarang sekali di Indonesia, ada pertandingan bulu tangkis di pusat perbelanjaan," ujar Debby kepada ANTARA di AEON Mall Tanjung Barat, Minggu.

Menurut Debby, kejuaraan yang berlangsung di pusat perbelanjaan juga turut memberikan dampak positif kepada perkembangan olahraga tepok bulu di Tanah Air.

"Banyak orang tua yang jalan-jalan bersama anaknya. Dengan melihat kegiatan ini, orang tua jadi punya pilihan untuk mengarahkan anaknya ke bulu tangkis. Semoga ajang ini bisa menjadi wadah mencari bibit atlet berprestasi," ujar mantan pebulu tangkis spesialis ganda campuran tersebut.

Pada edisi pertama, Indonesia Badminton Cup 2023 diikuti 128 peserta berusia 8-12 tahun putra dan putri. Mereka akan unjuk kemampuan dalam ajang dengan total hadiah senilai lebih dari Rp46 juta tersebut.

Baca juga: Legenda bulu tangkis hadiri Indonesia Badminton Cup 2023

Peserta tersebut hadir setelah penyelenggara melakukan seleksi dari 430 pendaftar. Indonesia Badminton Cup 2023 mempertandingkan dua nomor yakni tunggal putra dan putri.

Setelah bergulir sejak Rabu (21/6), di sektor tunggal putra Galih Prayugo dari SDN RRI Cisalak menjadi juara. Sementara untuk putri Anatasya Putri Injaya dari MI Al-Ishlah menjadi pebulu tangkis terbaik.

Selain di Tanjung Barat, dalam waktu bersamaan juga turut bergulir pertandingan serupa di AEON Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta.

Rangkaian turnamen tersebut bakal berlanjut pada 12-16 Juli di AEON Mall Sentul City dan AEON Mall BSD City.

"Masyarakat Indonesia cinta dengan bulu tangkis, kita juga punya atlet pemenang Olimpiade. Kami ingin memotivasi anak-anak Indonesia. Mereka butuh kompetisi, jadi ini adalah wadah untuk mereka bertanding. Semoga nantinya akan lahir atlet potensial," ujar Senior Marcoom Exhibition and Digital Manager PT AEON Mall Indonesia Juanita Rustandi.

Baca juga: Para-bulu tangkis Indonesia bawa pulang empat emas dari Kanada
Baca juga: Chico juarai Taipei Open setelah tundukkan wakil tuan rumah

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023