Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (25/5), mulai dari Serikat Islam (SI) belum menentukan sikap politik dukungan pada sejumlah bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 hingga DPR mengimbau warga negara Indonesia (WNI) di Rusia mengikuti petunjuk yang dikeluarkan KBRI Moskow terkait pemberontakan kelompok tentara bayaran Wagner.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Serikat Islam belum tentukan sikap dukungan pada Pilpres 2024

Ketua Umum Serikat Islam (SI) Hamdan Zoelva menyatakan pihaknya belum menentukan sikap politik dukungan pada sejumlah bakal calon pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), 14 Februari 2024.

"Jadi begini, kepentingan SI adalah pencapaian tujuan dan sasaran programnya. Memang SI berkepentingan dengan presiden. Siapa pun presidennya, bagi SI siapa yang berkomitmen besar pada perbaikan ekonomi," ujar Hamdan usai pelantikan pengurus SI di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/6).

Baca selengkapnya di sini.

2. Pengamat sebut Cak Imin cawapres kuat untuk Prabowo

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan menyebut Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin merupakan figur calon wakil presiden (cawapres) yang kuat untuk Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prof Kacung sebagaimana keterangan diterima di Jakarta, Minggu mengatakan bahwa diperlukan calon presiden (capres) dan cawapres yang sama-sama kuat untuk memenangkan Pilpres mendatang.
“Contohnya Pak Muhaimin Iskandar, penentu yang kuat. Tapi kalau misalnya berpasangan dengan Pak Airlangga Hartarto, ya tidak menang, ya pasti kalah. Ini beda misalnya Pak Muhaimin dengan Prabowo, nah ini potensi bisa kuat. Ini saling memperkuat. Ini artinya, capresnya kuat, cawapres penentunya juga kuat,” kata dia.

Baca selengkapnya di sini.

3. Ribuan kader PDIP Kalbar bertolak ke Pontianak usai hadiri BBK 2023

Ribuan kader PDI Perjuangan (PDIP) Kalimantan Barat (Kalbar) bertolak kembali ke Pontianak dengan menumpang kapal laut pada Minggu pagi, usai menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023.

Kepulangan kader partai banteng tersebut dilepas langsung oleh Ketua DPD PDIP Kalimantan Barat Lasarus. Sebelum berlayar ke Pelabuhan Dwikora Pontianak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Lasarus menyapa para kader dan menyampaikan terima kasih.

“Terima kasih sudah turut serta mengikuti agenda kemarin (BBK 2023) dengan tertib. Meski kondisi melelahkan, hari ini harus kembali berlayar dengan KM Lawit. Semoga cuacanya baik, gelombang landai, sehingga pelayaran kali ini menggembirakan," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.

4. DPC Gerindra Bekasi konsolidasi 2.500 kader jelang Pemilu 2024

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Bekasi bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra, mengadakan acara konsolidasi 2.500 orang kader Partai Gerindra jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha mengatakan kegiatan hari ini adalah konsolidasi kader Partai Gerindra Dapil VII yang mencangkup tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, dan Cikarang Selatan.

"Konsolidasi ini sudah kami lakukan di dua dapil yaitu Dapil VI dan sekarang di Dapil VII. Rencananya kita akan melakukan konsolidasi ini di 7 Dapil di Kabupaten Bekasi," kata Aria sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.

5. DPR berharap WNI di Rusia ikuti imbauan KBRI Moskow terkait Wagner

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani berharap warga negara Indonesia (WNI) di Rusia untuk mengikuti petunjuk dan imbauan yang dikeluarkan KBRI Moskow menyoal pemberontakan kelompok tentara bayaran Wagner.

Christina mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak KBRI. Dia menyebut, situasi sejauh ini masih aman dan warga masih beraktivitas normal, meski ada peningkatan penjagaan keamanan.

“Tetapi tentunya imbauan KBRI sudah memperhitungkan banyak hal demi keselamatan WNI kita,” kata Christina dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023